Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia Desember 2021

Indonesia

Laporan Pengalaman Jaringan Seluler
Desember 2021

Opensignal adalah standar global independen untuk menganalisis pengalaman seluler pelanggan. Laporan industri kami merupakan panduan definitif untuk memahami pengalaman nyata yang diterima pelanggan di jaringan nirkabel.

Penulis
Hardik Khatri Analis Teknis

Temuan Utama

Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Video Opensignal untuk keenam kalinya berturut-turut

Telkomsel telah menjadi pemenang mutlak penghargaan Pengalaman Video Opensignal di Indonesia sejak pertama kali kami memperkenalkan penilaian ini dalam laporan bulan Juli 2019 kami dan terus memimpin dengan skor 62,4 poin (pada skala 100 poin) . Pengalaman Video Telkomsel menempati kategori Baik (55<65), bersama Indosat, XL dan 3, sedangkan Smartfren adalah satu-satunya pengecualian yang masuk dalam kategori Cukup (40<55).

3 tetap menjadi yang teratas dalam Pengalaman Game dan Pengalaman Aplikasi Suara

3 memenangkan dua penghargaan pengalaman Opensignal — Pengalaman Game dan Pengalaman Aplikasi Suara — dengan skor masing-masing 68,2 dan 77,8 poin, pada skala 0 hingga 100 — melampaui Telkomsel yang berada di posisi kedua. Artinya, pengguna Indonesia kami terus menikmati pengalaman terbaik saat bermain game seluler multipemain dan menggunakan aplikasi suara over-the-top (OTT) saat terhubung ke jaringan seluler 3 di Indonesia. Saat skor 3 di kedua kategori sedikit turun 0,7-1,2 poin,skor Pengalaman Game Telkomsel naik empat poin dan Pengalaman Aplikasi Suara naik 0,8 poin sejak laporan terakhir, mengejar ketertinggalan hingga sekitar setengahnya. Terlepas dari perubahan ini, 3 terus mempertahankan keunggulan utama sebesar 6,6 poin dalam Pengalaman Game, tetapi berada di posisi yang relatif menengah dalam kategori Pengalaman Aplikasi Suara di mana kami menghadapi persaingan ketat antara kelima operator — hanya berjarak 3,2 poin dari skor tertinggi dan terendah.

Ketersediaan 4G Indonesia melampaui 90% pencapaian di semua operator

Ketersediaan 4G menunjukkan proporsi rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Opensignal untuk terhubung ke 4G di setiap jaringan operator. Sejak laporan terakhir, pengguna kami di Indonesia telah melihat peningkatan Ketersediaan 4G di sebagian besar jaringan. Pengguna kami di jaringan Indosat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 1,2 poin persentase, diikuti peningkatan satu poin persentase Telkomsel yang cukup baik untuk mendorong skor Telkomsel melampaui angka 90%. Pada saat yang sama, pengguna XL dan 3 juga merasakan sedikit peningkatan, namun secara statistik signifikan sebesar 0,4 poin. Ini berarti pengguna di kelima jaringan di Indonesia dapat terhubung ke layanan 4G setidaknya 90% setiap saat.

Pengguna Telkomsel terus merasakan rata-rata kecepatan unduh dan unggah tercepat di Indonesia

Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah karena pengguna kami menikmati unduh rata-rata tercepat 16,3 Mbps dan kecepatan unggah 8,1 Mbps di jaringan Telkomsel. Namun, XL dan Indosat yang berada di posisi kedua, tertinggal tipis, dengan skor yang sedikit lebih rendah (0,8-0,9 Mbps), masing-masing dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Sejak laporan terakhir, pengguna XL kami melihat peningkatan terbesar sejumlah 2,9 Mbps dalam Pengalaman Kecepatan Unduh, sementara pengguna Indosat melaporkan pertumbuhan terbesar sebanyak 1,4 Mbps dalam Pengalaman Kecepatan Unggah — naik 0,1 Mbps lebih tinggi dibandingkan Telkomsel di kedua kategori.

Pengantar

Jika dilihat sekilas, tabel penghargaan terbaru kami menunjukkan bahwa Telkomsel terus menjadi operator yang mendominasi di Indonesia, tetapi sejumlah persaingan kerap belum terdeteksi. Sekali lagi, Telkomsel memenangkan empat dari tujuh penghargaan sekaligus yang diraihnya sebelumnya — Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Jangkauan 4G. Namun, dominasi Telkomsel pada pengalaman jaringan seluler di Indonesia terancam karena rival terdekatnya di dua kategori ini hampir menyamainya. Sejak laporan sebelumnya, pengguna Telkomsel telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam metrik kecepatan, tetapi secara komparatif, pengguna XL dan Indosat mengalami peningkatan yang sedikit lebih tinggi masing-masing dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Hasilnya, kedua operator tersebut berjarak 1 Mbps untuk mengalahkan Telkomsel dalam masing-masing penilaian tersebut.

Di sisi lain, Telkomsel hanya berjarak satu poin untuk melampaui 3 dalam meraih posisi teratas pada Pengalaman Aplikasi Suara. Selain itu, Telkomsel juga telah mengurangi dominasi 3 dalam Pengalaman Game hingga hampir setengahnya sejak laporan terakhir, tetapi untuk skor 3 tetap unggul secara signifikan (6,6 poin) .

Beralih ke Ketersediaan 4G, pengguna kami di seluruh jaringan Indonesia mengalami peningkatan dalam proporsi waktu yang mereka habiskan untuk terhubung ke 4G, kecuali Smartfren. Pengguna kami dari keempat jaringan ini juga melaporkan peningkatan 0,1 poin dalam Pengalaman Jangkauan 4G, yakni penilaian tentang pengalaman pelanggan seluler terkait jangkauan 4G di jaringan suatu operator, dan Telkomsel memimpin papan skor dengan skor 8,5 poin pada skala 10 poin.

Dalam hal perubahan penting lainnya, 5G telah hadir di Indonesia. Saat Telkomsel dilaporkan sebagai operator pertama yang telah meluncurkan layanan 5G komersial di beberapa wilayah di Indonesia, Indosat telah mengumumkan peluncuran layanan 5G di Makassar, Solo, Jakarta, dan Surabaya. XL juga mengklaim telah meluncurkan layanan 5G di Medan, Depok, Jakarta Selatan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya serta mengungkapkan rencana untuk memperluas jaringan di luar Jawa – menargetkan kota-kota lain termasuk Medan, Banjarmasin, dan Makassar. Sementara itu, operator nasional lainnya — 3 dan Smartfren — masih mempersiapkan jaringannya untuk menerapkan teknologi baru.

Sekalipun 5G masih dalam tahap pengembangan awal, akses yang tidak memadai ke spektrum 5G tetap menjadi salah satu tantangan terpenting seluruh operator di Indonesia. Operator dan pembuat regulasi Indonesia bekerja sama untuk mengatasi hambatan spektrum — baik dengan menyesuaikan sebagian atau seluruh spektrum yang saat ini mereka gunakan untuk jaringan 3G dan/atau 4G atau melalui konsolidasi jaringan. Untuk membantu menjelaskan berbagai strategi, dalam wawasan terbaru kami, kami menemukan bahwa Telkomsel telah melakukan refarming spektrum 3G di pita 2,1 GHz untuk mempercepat 4G dan implementasi 5G di masa mendatang, dan baru-baru ini, Kominfo telah mengumumkan penyelesaian refarming pita 2.3 GHz . Lebih lanjut, Kominfo juga telah menyetujui usulan penggabungan 3 dan Indosat sekalipun dengan syarat bahwa Indosat wajib mengembalikan spektrum 10 MHz di pita 2,1 GHz. Selain itu, Smartfren dan XL juga dilaporkan mencari opsi dan terbuka untuk konsolidasi.

Sekalipun 5G menjadi salah satu area fokus utama bagi operator Indonesia, 4G memainkan peran penting karena jaringan inilah yang hampir setiap saat terhubung ke konsumen dan juga akan menjadi landasan penting untuk kelancaran transisi ke jaringan 5G sebagai generasi selanjutnya.

Dalam laporan terbaru ini, kami telah menganalisis pengalaman jaringan seluler untuk lima operator nasional Indonesia — 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL, selama periode 90 hari, mulai 1 Agustus 2021 hingga 29 Oktober 2021. Penilaian 5G berkontribusi pada hasil keseluruhan. Bersamaan dengan analisis nasional, kami juga telah mengamati skor operator di 10 wilayah di Indonesia.

Tabel Opensignal Awards

Penghargaan Pengalaman Seluler, Indonesia
Desember 2021, Laporan Indonesia
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar
Pemenang Penghargaan Pengalaman Seluler
Desember 2021, Indonesia
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar

Gambaran Umum

Klik label metrik untuk melihat pratinjau cepat
Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
3
58.0
Indosat
58.9
Smartfren
48.8
Telkomsel
62.4
XL
58.7
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Analisis Nasional

Pengalaman Video

Telkomsel meraih kemenangan mutlak dalam Pengalaman Video untuk keenam kalinya berturut-turut; skornya kali ini adalah 62,4 poin pada skala 100 poin — unggul 3,4 poin dari Indosat yang berada di posisi kedua. Pengguna kami yang menggunakan Indosat, XL, dan 3 melaporkan skor yang lebih rendah, masing-masing sebesar 58,9, 58,7 dan 58 poin, sementara pengalaman pengguna Smartfren terus tertinggal dengan skor yang jauh lebih rendah yaitu 48,8. Berdasarkan hal tersebut, Smartfren menjadi satu-satunya operator yang masuk dalam kategori Cukup (40<55), sementara Pengalaman Video jaringan operator lain dinilai Baik (55<65) .

Pengalaman Video Opensignal secara langsung menilai streaming video dari perangkat pengguna akhir dan menggunakan pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU) guna mengukur pengalaman video keseluruhan untuk setiap operator pada skala 0 hingga 100. Video yang diuji mencakup perpaduan resolusi dan di-streaming langsung disiarkan sebagai live streaming dari penyedia konten video terbesar di dunia.

Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
3
58.0
Indosat
58.9
Smartfren
48.8
Telkomsel
62.4
XL
58.7
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Video
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Video 4G
59.8 (± 0.22) 61.0 (± 0.15) 48.8 (± 0.29) 64.9 (± 0.09) 61.4 (± 0.16)
Pengalaman Video 3G
43.7 (± 0.81) 35.4 (± 0.87) 44.1 (± 0.39) 37.3 (± 0.87)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | Desember 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Video 4G dalam 0-100 poin
60 (± 0.22)
61 (± 0.15)
49 (± 0.29)
65 (± 0.09)
61 (± 0.16)
Pengalaman Video 3G dalam 0-100 poin
44 (± 0.81)
35 (± 0.87)
44 (± 0.39)
37 (± 0.87)
Mobile Network Experience Report | Desember 2021 | © Opensignal Inc.

Pengalaman Game Seluler

Pengguna kami di Indonesia sekali lagi melaporkan Pengalaman Game terbaik di jaringan 3, menjadikan 3 sebagai satu-satunya operator Indonesia yang memenangkan penghargaan Pengalaman Game sejak kami memperkenalkannya pada bulanJuli 2020. Namun, sejak laporan terakhir kami mencatatkan penurunan tipis 1,2 poin pada 3, sedangkan Telkomsel yang berada di peringkat kedua tumbuh 4 poin. Hasilnya, hanya ada sedikit jarak antara dua operator dalam Pengalaman Game yaitu sekitar setengahnya — dari 11,7 poin (20,4%) menjadi 6,6 poin (10,6%). Sementara itu, pengguna kami di Smartfren melaporkan peningkatan luar biasa sebesar 8,7 poin dan pengguna XL melaporkan peningkatan terkecil sebesar 2,9 poin dalam Pengalaman Game, berbeda dengan pengguna Indosat kami yang melaporkan penurunan 3,2 poin dalam Pengalaman Game.

Pengalaman Game Seluler
dalam 0-100 poin
3
68.2
Indosat
52.4
Smartfren
58.4
Telkomsel
61.6
XL
56.1
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Game Seluler 4G
73.7 (± 0.19) 56.6 (± 0.20) 58.4 (± 0.36) 66.3 (± 0.13) 61.1 (± 0.26)
Pengalaman Game Seluler 3G
36.5 (± 0.25) 33.3 (± 0.13) 36.9 (± 0.13) 34.9 (± 0.14)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | Desember 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Game Seluler 4G dalam 0-100 poin
74 (± 0.19)
57 (± 0.20)
58 (± 0.36)
66 (± 0.13)
61 (± 0.26)
Pengalaman Game Seluler 3G dalam 0-100 poin
36 (± 0.25)
33 (± 0.13)
37 (± 0.13)
35 (± 0.14)
Mobile Network Experience Report | Desember 2021 | © Opensignal Inc.

Berdasarkan skor ini, Pengalaman Game 3 masuk dalam kategori Cukup (65<75), sementara operator lain dinilai lebih rendah. Pengalaman Game kami mengukur kondisi jaringan seluler dunia nyata untuk menilai pengalaman game seluler multipemain pengguna di berbagai jaringan seluler. Skor 3 berada dalam kategori Cukup, yang berarti bahwa sebagian besar pengguna di jaringannya mendapatkan pengalaman rata-rata. Hal ini juga menunjukkan bahwa pengalaman bermain game secara umum dapat dikontrol, dengan mayoritas pengguna mendapati penundaan antara tindakan dan hasil dalam game. Sebaliknya, skor yang lebih rendah berarti pengalaman pengguna menjadi kurang menyenangkan yang disebabkan oleh peningkatan penundaan dan kurangnya kontrol dalam gameplay.

Pengalaman Aplikasi Suara

3 tetap menjadi pemenang mutlak dari penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara. Pada saat yang sama, persaingan semakin ketat karena pengguna melihat peningkatan kecil dalam kualitas pengalaman menggunakan aplikasi suara over-the-top (OTT) di sebagian besar jaringan. Pengguna kami di jaringan 3 melaporkan skor tertinggi, yakni 77,8 poin (pada skala 100 poin), tetapi keunggulan 3 sedikit berkurang sejak laporan terakhir karena penurunan 0,7 poin jika dibandingkan dengan semua pesaingnya yang menunjukkan berbagai level peningkatan Pengalaman Aplikasi Suara — dari 0,2 poin di Indosat menjadi 2,8 poin di Smartfren. Peningkatan ini juga berarti bahwa skor kelima jaringan berada dalam kategori Pengalaman yang dapat diterima (74<80) dan terpisah 3,2 poin, alih-alih 5,3 poin seperti yang terlihat terakhir kali.

Pengalaman Aplikasi Suara
dalam 0-100 poin
3
77.8
Indosat
74.8
Smartfren
75.5
Telkomsel
76.9
XL
74.6
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Aplikasi Suara 4G
78.9 (± 0.09) 75.8 (± 0.08) 75.5 (± 0.13) 78.0 (± 0.05) 75.7 (± 0.10)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G
69.6 (± 0.44) 63.6 (± 0.40) 68.9 (± 0.18) 66.0 (± 0.38)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | Desember 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Aplikasi Suara 4G dalam 0-100 poin
79 (± 0.09)
76 (± 0.08)
76 (± 0.13)
78 (± 0.05)
76 (± 0.10)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G dalam 0-100 poin
70 (± 0.44)
64 (± 0.40)
69 (± 0.18)
66 (± 0.38)
Mobile Network Experience Report | Desember 2021 | © Opensignal Inc.

Peringkat yang Dapat Diterima berarti pengguna puas dengan kualitas panggilan dan umumnya dapat memahami tanpa pengulangan, sementara beberapa mungkin mengalami gangguan kualitas panggilan yang jelas seperti suara klik atau distorsi. Pengalaman Aplikasi Suara Opensignal mengukur kualitas pengalaman untuk layanan suara over-the-top (OTT) — aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. — menggunakan model yang diambil dari pendekatan berbasis ITU Internasional untuk mengukur kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi. Model ini menjelaskan kaitan yang tepat antara pengukuran teknis dan kualitas panggilan yang dirasakan.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan

Pengguna kami di Indonesia sekali lagi mengamati kecepatan unduh rata-rata tertinggi di jaringan Telkomsel. Operator tersebut memenangkan penghargaan Download Speed Experience Opensignal, kali ini dengan skor 16,3 Mbps, namun rival terdekatnya, XL, hanya tertinggal 0,8 Mbps. Sekalipun pengguna kami di kedua jaringan merasakan kecepatan rata-rata tumbuh melampaui batas 15 Mbps, pengguna XL kami mendapati peningkatan terbesar 2,9 Mbps (secara absolut) sejak laporan terakhir, diikuti Telkomsel (2,8 Mbps) . Pengguna kami di Smartfren dan Indosat juga melaporkan peningkatan — masing-masing sebesar 2,6 Mbps dan 1,2 Mbps. Sebaliknya, pengguna kami di 3 mengamati kecepatan unduh turun sedikit, yakni 0,2, ke 10,9 Mbps.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
dalam Mbps
3
10.9
Indosat
13.2
Smartfren
8.9
Telkomsel
16.3
XL
15.5
0 5 10 15 20
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunduhan 4G
11.7 (± 0.05) 14.1 (± 0.06) 8.9 (± 0.06) 17.7 (± 0.05) 16.9 (± 0.07)
Kecepatan Pengunduhan 3G
5.1 (± 0.06) 3.5 (± 0.05) 5.9 (± 0.05) 4.2 (± 0.06)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | Desember 2021 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunduhan 4G dalam Mbps
12 (± 0.05)
14 (± 0.06)
9 (± 0.06)
18 (± 0.05)
17 (± 0.07)
Kecepatan Pengunduhan 3G dalam Mbps
5 (± 0.06)
3 (± 0.05)
6 (± 0.05)
4 (± 0.06)
Mobile Network Experience Report | Desember 2021 | © Opensignal Inc.

Perubahan ini berarti Pengalaman Kecepatan Unduhan Telkomsel 5,3% lebih cepat dari XL, 22,9% lebih cepat dari Indosat, 49% lebih cepat dari 3, dan 83,4% lebih cepat dari Smartfren yang berada di peringkat terakhir.

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan

Kali ini, kami melihat variasi yang lebih besar dalam Pengalaman Kecepatan Unggah di Indonesia karena pengguna di kelima jaringan melaporkan peningkatan dalam kecepatan unggah rata-rata mereka sejak laporan terakhir. Telkomsel mempertahankan penghargaan untuk kategori ini dengan skor terbaru sebesar 8,1 Mbps, tetapi keunggulannya merosot dari 1,1 Mbps menjadi 0,9 Mbps, sementara Indosat dan XL tertinggal di belakang dengan skor masing-masing sebesar 7,2 Mbps dan 6,7 Mbps. Sejak laporan terakhir, pengguna Indosat, Telkomsel, dan XL kami melaporkan kecepatan unggah masing-masing lebih cepat 1,4 Mbps, 1,3 Mbps, dan 1,2 Mbps. Sebagai perbandingan, pengguna 3 dan Smartfren merasakan peningkatan yang lebih kecil, masing-masing 0,9 Mbps dan 0,4 Mbps.

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
dalam Mbps
3
5.9
Indosat
7.2
Smartfren
1.7
Telkomsel
8.1
XL
6.7
0 2.5 5 7.5 10
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunggahan 4G
6.5 (± 0.03) 7.7 (± 0.04) 1.7 (± 0.01) 8.9 (± 0.03) 7.4 (± 0.03)
Kecepatan Pengunggahan 3G
1.4 (± 0.03) 1.2 (± 0.03) 2.0 (± 0.03) 1.6 (± 0.04)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | Desember 2021 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunggahan 4G dalam Mbps
7 (± 0.03)
8 (± 0.04)
2 (± 0.01)
9 (± 0.03)
7 (± 0.03)
Kecepatan Pengunggahan 3G dalam Mbps
1 (± 0.03)
1 (± 0.03)
2 (± 0.03)
2 (± 0.04)
Mobile Network Experience Report | Desember 2021 | © Opensignal Inc.

Kecepatan unggah menjadi aspek yang semakin penting dari pengalaman pengguna karena pengguna smartphone sekarang lebih terlibat dalam aplikasi media sosial — membuat dan membagikan gambar serta video beresolusi tinggi — dan beralih dari konsumsi konten ke pembuatan konten.

Ketersediaan 4G

Sekali lagi, Smartfren memenangkan penghargaan Ketersediaan 4G. Tidak heran jika pengguna kami menghabiskan proporsi waktu tertinggi untuk terhubung ke 4G atau layanan yang lebih baik dibandingkan dengan pengguna di jaringan Indonesia lainnya karena Smarfren hanya menawarkan 4G. Pengguna kami melaporkan peningkatan dalam Ketersediaan 4G di sebagian besar jaringan. Dibandingkan dengan laporan sebelumnya, peningkatan terbesar dirasakan oleh pengguna Indosat (1,2 poin persentase), diikuti Telkomsel (1 poin persentase), sementara rekan mereka di 3 dan XL mengamati ketersediaan 4G naik 0,4 poin. Skor Smartfren secara statistik tidak berubah sejak terakhir kali.

Ketersediaan 4G
% waktu
3
94.3
Indosat
93.2
Smartfren
98.1
Telkomsel
90.3
XL
91.7
0 25 50 75 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Pengalaman Cakupan 4G

Tidak banyak perubahan yang terjadi sejak laporan terakhir mengenai Pengalaman Jangkauan 4G. Telkomsel kembali menempati posisi pertama dengan skor 8,6 poin (dari 10) dalam Pengalaman Jangkauan 4G. Pengguna kami di setiap jaringan nasional Indonesia, kecuali Smartfren, kali ini mendapati sedikit peningkatan sebesar 0,1 poin dalam skor jaringan tersebut.

Pengalaman Cakupan 4G
dalam 0 -10 poin
3
4.6
Indosat
6.2
Smartfren
5.0
Telkomsel
8.6
XL
6.3
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Saat Ketersediaan 4G Opensignal mengukur proporsi waktu yang dihabiskan pengguna untuk terhubung ke 4G, metrik Pengalaman Jangkauan 4G kami mengukur pengalaman pelanggan seluler dalam jangkauan 4G di jaringan operator. Metrik yang mengukur pada skala 0-10 ini menganalisis lokasi tempat pelanggan operator jaringan menerima sinyal 4G yang terkait dengan lokasi yang dikunjungi pengguna semua operator jaringan.

Analisis Regional

Dalam analisis Pengalaman Video regional kami, pemenang nasional, yakni Telkomsel, meraih kemenangan sekaligus di enam wilayah dan menghimpun kemenangan bersama dengan 3 di Sulawesi. Sementara itu, 3 secara mutlak menang di Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sumatera. Selain itu, patut dicatat bahwa pengguna kami di jaringan Telkomsel di Banten dan wilayah ibu kota Jakarta Raya menikmati Pengalaman Video yang Sangat Baik — satu peringkat lebih baik dari Pengalaman Video nasional Telkomsel. Hal ini juga terjadi pada pengguna 3 di wilayah Nusa Tenggara.

Berdasarkan analisis regional dari dua metrik pengalaman kami yang lain, dominasi nasional 3 tercermin dalam hasil regional kami untuk kedua kategori. Operator ini menghimpun kemenangan langsung di tujuh dari 10 wilayah dan kemenangan bersama dengan Telkomsel di Banten untuk Pengalaman Game. Dalam hal Pengalaman Aplikasi Suara, 3 meraih kemenangan mutlak di lima wilayah dan berbagi dua kemenangan selanjutnya dengan Telkomsel di Sulawesi dan Yogyakarta — di mana kami melihat perpecahan tiga arah untuk posisi teratas.

Dalam analisis regional kami, Telkomsel mendominasi dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah dengan kemenangan mutlak atas 13 dari 20 penghargaan dan bersama-sama memenangkan satu penghargaan lagi dengan Indosat di Sulawesi. Sementara itu, XL juga meraih 4 penghargaan sekaligus untuk Pengalaman Kecepatan Unduh, dengan menduduki posisi teratas di Jawa Timur dan Nusa Tenggara, serta meraih dua kemenangan langsung di Kalimantan dan Sumatera. Patut dicatat bahwa di semua wilayah dan operator, pengguna Telkomsel kami di wilayah ibu kota Jakarta Raya menikmati kecepatan unduh dan unggah rata-rata tertinggi, masing-masing 21 Mbps dan 11 Mbps.

Pilih wilayah di bawah untuk menampilkan uraian tersendiri

Banten

Pengalaman Video
di Banten
dalam 0-100 poin
3
56.1
Indosat
59.4
Smartfren
56.3
Telkomsel
67.4
XL
61.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Banten
dalam 0-100 poin
3
68.8
Indosat
53.6
Smartfren
61.8
Telkomsel
69.3
XL
59.6
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Banten
dalam 0-100 poin
3
77.6
Indosat
75.5
Smartfren
76.0
Telkomsel
78.7
XL
74.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Banten
dalam Mbps
3
9.9
Indosat
12.7
Smartfren
11.9
Telkomsel
19.4
XL
16.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Banten
dalam Mbps
3
6.1
Indosat
7.9
Smartfren
1.8
Telkomsel
9.9
XL
7.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Banten
dalam %
3
93.8
Indosat
95.2
Smartfren
98.5
Telkomsel
93.1
XL
93.1
Unduh Gambar

Jakarta Raya

Pengalaman Video
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
59.2
Indosat
63.1
Smartfren
56.3
Telkomsel
69.7
XL
64.5
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
71.4
Indosat
57.0
Smartfren
66.0
Telkomsel
73.0
XL
64.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
78.5
Indosat
76.6
Smartfren
77.6
Telkomsel
79.8
XL
76.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jakarta Raya
dalam Mbps
3
11.1
Indosat
15.4
Smartfren
11.7
Telkomsel
21.0
XL
18.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jakarta Raya
dalam Mbps
3
6.6
Indosat
9.2
Smartfren
2.1
Telkomsel
11.0
XL
8.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jakarta Raya
dalam %
3
95.6
Indosat
95.4
Smartfren
98.6
Telkomsel
93.6
XL
93.6
Unduh Gambar

Jawa Barat

Pengalaman Video
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
56.0
Indosat
57.7
Smartfren
50.0
Telkomsel
64.1
XL
59.2
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
67.8
Indosat
48.7
Smartfren
61.2
Telkomsel
68.5
XL
54.3
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
77.4
Indosat
74.2
Smartfren
76.1
Telkomsel
78.8
XL
73.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Barat
dalam Mbps
3
10.2
Indosat
12.0
Smartfren
8.8
Telkomsel
17.1
XL
15.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Barat
dalam Mbps
3
6.1
Indosat
7.5
Smartfren
1.7
Telkomsel
9.3
XL
7.4
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Barat
dalam %
3
94.6
Indosat
94.6
Smartfren
98.3
Telkomsel
93.2
XL
92.8
Unduh Gambar

Jawa Tengah

Pengalaman Video
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
55.9
Indosat
57.7
Smartfren
43.0
Telkomsel
61.5
XL
52.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
64.2
Indosat
52.7
Smartfren
52.2
Telkomsel
58.9
XL
54.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
77.5
Indosat
74.2
Smartfren
74.0
Telkomsel
76.3
XL
75.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Tengah
dalam Mbps
3
10.3
Indosat
13.1
Smartfren
7.1
Telkomsel
15.3
XL
10.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Tengah
dalam Mbps
3
5.1
Indosat
6.9
Smartfren
1.5
Telkomsel
7.4
XL
4.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Tengah
dalam %
3
93.3
Indosat
92.5
Smartfren
97.8
Telkomsel
89.5
XL
89.2
Unduh Gambar

Jawa Timur

Pengalaman Video
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
61.9
Indosat
61.9
Smartfren
50.6
Telkomsel
62.8
XL
60.2
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
69.8
Indosat
57.3
Smartfren
56.9
Telkomsel
60.7
XL
59.6
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
79.0
Indosat
76.2
Smartfren
75.4
Telkomsel
76.4
XL
77.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Timur
dalam Mbps
3
11.2
Indosat
14.8
Smartfren
9.3
Telkomsel
16.7
XL
17.7
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Timur
dalam Mbps
3
5.5
Indosat
7.2
Smartfren
1.6
Telkomsel
8.1
XL
6.5
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Timur
dalam %
3
93.1
Indosat
93.5
Smartfren
98.0
Telkomsel
91.0
XL
90.2
Unduh Gambar

Kalimantan

Pengalaman Video
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
61.3
Indosat
53.1
Smartfren
49.6
Telkomsel
60.0
XL
57.3
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
68.1
Indosat
47.9
Smartfren
57.7
Telkomsel
52.1
XL
58.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
77.7
Indosat
71.9
Smartfren
75.4
Telkomsel
73.9
XL
75.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kalimantan
dalam Mbps
3
13.7
Indosat
11.2
Smartfren
8.3
Telkomsel
15.9
XL
16.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kalimantan
dalam Mbps
3
7.1
Indosat
5.5
Smartfren
1.6
Telkomsel
6.5
XL
7.0
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kalimantan
dalam %
3
95.0
Indosat
85.2
Smartfren
97.7
Telkomsel
83.9
XL
90.8
Unduh Gambar

Lesser Sunda Islands

Pengalaman Video
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
68.5
Indosat
63.8
Smartfren
51.1
Telkomsel
63.2
XL
61.3
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
72.2
Indosat
56.8
Smartfren
56.9
Telkomsel
60.2
XL
64.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
79.8
Indosat
76.1
Smartfren
75.7
Telkomsel
76.2
XL
78.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Lesser Sunda Islands
dalam Mbps
3
14.6
Indosat
17.4
Smartfren
9.8
Telkomsel
16.8
XL
18.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Lesser Sunda Islands
dalam Mbps
3
6.5
Indosat
7.2
Smartfren
1.6
Telkomsel
9.6
XL
7.8
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Lesser Sunda Islands
dalam %
3
94.0
Indosat
94.1
Smartfren
98.7
Telkomsel
91.2
XL
91.4
Unduh Gambar

Sulawesi

Pengalaman Video
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
59.6
Indosat
58.2
Smartfren
46.1
Telkomsel
59.9
XL
52.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
63.9
Indosat
49.2
Smartfren
57.0
Telkomsel
49.7
XL
50.3
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
75.0
Indosat
73.6
Smartfren
76.0
Telkomsel
73.6
XL
73.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Sulawesi
dalam Mbps
3
12.8
Indosat
15.3
Smartfren
8.7
Telkomsel
15.1
XL
13.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Sulawesi
dalam Mbps
3
5.7
Indosat
6.0
Smartfren
1.5
Telkomsel
5.3
XL
6.1
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Sulawesi
dalam %
3
93.7
Indosat
92.2
Smartfren
98.1
Telkomsel
87.7
XL
89.7
Unduh Gambar

Sumatra

Pengalaman Video
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
59.2
Indosat
55.6
Smartfren
40.5
Telkomsel
57.7
XL
55.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
69.9
Indosat
50.3
Smartfren
55.3
Telkomsel
61.8
XL
47.1
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
77.9
Indosat
73.9
Smartfren
73.9
Telkomsel
76.9
XL
70.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Sumatra
dalam Mbps
3
11.4
Indosat
12.7
Smartfren
7.5
Telkomsel
14.1
XL
15.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Sumatra
dalam Mbps
3
5.9
Indosat
5.2
Smartfren
1.4
Telkomsel
7.3
XL
7.1
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Sumatra
dalam %
3
94.3
Indosat
89.3
Smartfren
97.7
Telkomsel
88.9
XL
90.5
Unduh Gambar

Yogyakarta

Pengalaman Video
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
57.5
Indosat
60.2
Smartfren
44.7
Telkomsel
64.1
XL
58.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
66.8
Indosat
59.3
Smartfren
58.3
Telkomsel
64.9
XL
61.3
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
78.1
Indosat
76.5
Smartfren
75.9
Telkomsel
77.8
XL
77.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Yogyakarta
dalam Mbps
3
11.0
Indosat
14.5
Smartfren
7.7
Telkomsel
17.9
XL
13.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Yogyakarta
dalam Mbps
3
6.5
Indosat
6.8
Smartfren
1.7
Telkomsel
8.9
XL
5.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Yogyakarta
dalam %
3
94.3
Indosat
91.0
Smartfren
98.0
Telkomsel
91.4
XL
90.8
Unduh Gambar
Pelajari lebih lanjut

Opensignal mengukur pengalaman dunia nyata dari para konsumen jaringan seluler di tempat-tempat mereka tinggal, bekerja, dan bepergian.

Kami menyesuaikan metodologi kami secara terus menerus untuk dapat menunjukkan pengalaman yang sebenarnya dari pengguna ponsel pintar. Oleh karena itu, perbandingan hasil dengan laporan sebelumnya hendaknya dianggap sebagai indikatif saja.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik. Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Lebih jauh tentang Metodologi

Subscribe to our newsletter and get our latest reports and analyses delivered right to your inbox every 2 weeks. We will not share your email address with third parties.

Journalists, please retain the Opensignal logo and copyright
(© Opensignal Limited) information when using this image.

This image may not be used for any commercial purpose, including use in advertisements or other promotional content, without prior written consent.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa operator pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik.

Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Mengapa interval kepercayaan sangat penting dalam menganalisis pengalaman di jaringan seluler

Sign up to our newsletter to receive the latest Opensignal reports in your inbox