Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia Juni 2021

Indonesia

Laporan Pengalaman Jaringan Seluler
Juni 2021

Opensignal adalah standar global independen untuk menganalisis pengalaman seluler pelanggan. Laporan industri kami merupakan panduan definitif untuk memahami pengalaman nyata yang diterima pelanggan di jaringan nirkabel.

Penulis
Hardik Khatri Analis Teknis

Temuan Utama

Telkomsel raih penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan, XL kejar ketertinggalan

Telkomsel sekali lagi berhasil meraih penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan, tetapi sang pesaing XL berhasil memangkas ketertinggalan. Keseluruhan kecepatan unduhan yang dirasakan pengguna XL kami telah naik 1,3 Mbps (11,5%) sampai 12,6 Mbps sejak laporan kami sebelumnya, sementara Pengalaman Kecepatan Unduhan pengguna Telkomsel naik sebesar 0,8 Mbps (5,9%). Hasilnya, keunggulan Telkomsel atas XL menurun dari 1,4 Mbps (12,7%) menjadi 0,9 Mbps (7,1%). Keseluruhan Pengalaman Kecepatan Unduhan meningkat di segala operator, dengan pengguna di jaringan 3 melaporkan peningkatan terbesar 1,7 Mbps (18,4%) melampaui tonggal 10 Mbps dengan skor 11,1 Mbps.

Telkomsel tetap menjadi yang terbaik untuk Pengalaman Video di Indonesia

Telkomsel memenangkan Penghargaan Pengalaman Video dengan skor 62,7 poin pada skala 100 poin, yang menggambarkan nilai Bagus (55-65). Sementara skor Telkomsel sedikit menurun 0,1 poin, sedangkan skor empat operator lainnya meningkat antara 2,3-4,7 poin. Peningkatan paling signifikan sebesar 4,7 poin terlihat dari pengguna Indosat kami — dari 55,2 poin hingga 59,9 poin.

3 mempertahankan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara dan Pengalaman Games

3 sekali lagi memimpin dalam pengukuran kualitas pengalaman kami untuk layanan suara over-the-top (OTT) — pada aplikasi seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. 3 memenangkan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara kami dengan skor 78,6 poin, sementara Telkomsel berada dekat di belakang dengan 76,1 poin. 3 juga meraih posisi teratas dalam pengalaman bermain game seluler multipemain, memenangkan penghargaan Pengalaman Game Opensignal dengan skor 69,4 poin, dengan Telkomsel di tempat kedua. Namun, pengguna Indosat dan Smartfren kamilah yang melihat peningkatan paling signifikan pada kedua tolok ukur tersebut.

Telkomsel punya pijakan yang kukuh pada Pengalaman Jangkauan 4G

Telkomsel juga memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G dengan skor tertinggi 8,5 poin (dalam skala 10 poin) — meningkat 0,2 poin dibandingkan laporan terakhir kami dan memperpanjang keunggulan Telkomsel atas XL yang berada di posisi kedua sebesar 2,3 poin. Metrik Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis lokasi di mana konsumen operator jaringan menerima sinyal 4G terkait lokasi yang dikunjungi oleh pengguna dari semua operator jaringan.

Pengantar

Telkomsel tetap menjadi operator dominan di Indonesia atas pengalaman jaringan seluler karena meraih empat penghargaan Opensignal secara langsung dan menempati peringkat teratas dalam kategori penghargaan lainnya. Operator ini memenangkan penghargaan Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan Unggahan dan Pengalaman Jangkauan 4G. Meski begitu, sementara Telkomsel telah memperluas keunggulannya dalam Pengalaman Kecepatan Unggahan dan Pengalaman Jangkauan 4G, para pesaingnya mengurangi keunggulannya dalam Pengalaman Video dan Pengalaman Kecepatan Unduhan. Ini disebabkan peningkatan relatif lebih besar yang dirasakan oleh pengguna kami di jaringan nasional lainnya.

Di sisi lain, 3 berpegang pada penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara dan Pengalaman Game kami. Smartfren, operator khusus 4G di Indonesia, sekali lagi memenangkan penghargaan Ketersediaan 4G meskipun hanya menempati peringkat keempat dalam Pengalaman Jangkauan 4G.

Secara keseluruhan, pengalaman jaringan seluler di Indonesia telah meningkat di sebagian besar kategori penghargaan kami, dibandingkan dengan laporan kami sebelumnya, dengan sedikit pengecualian, yang patut diperhatikan mengingat konsumsi data telah tumbuh secara signifikan di negara ini selama setahun terakhir. Pengguna Indosat melaporkan peningkatan paling signifikan dalam Pengalaman Video dan Pengalaman Aplikasi Suara dari semua operator. Sementara itu, rekan-rekan mereka di 3 merasakan peningkatan tertinggi dalam Pengalaman Kecepatan Unduhan dan pengguna kami di XL menikmati peningkatan terbesar dalam Ketersediaan 4G, dibandingkan dengan pesaing mereka.

Pertengahan April lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) Indonesia melelang tiga blok 10 MHz spektrum TDD di pita 2,3 GHz yang diakuisisi Telkomsel dan Smartfren 20 MHz dan 10 MHz, masing-masing. Kapasitas spektrum baru akan membantu operator Indonesia mendukung penggunaan data seluler yang lebih besar dan meningkatkan pengalaman seluler pengguna di masa mendatang. Sementara itu Telkomsel dilaporkan telah meluncurkan 5G, menggunakan spektrum di pita 2,3 GHz, yang sekarang tersedia di 8 kota, Indosat dikabarkan telah meluncurkan 5G di kota Surakarta menggunakan pita 1800 MHz. Sementara itu, Smartfren dilaporkan telah melakukan uji coba 5G menggunakan spektrum mmWave 26GHz dan XL bertujuan untuk meluncurkan 5G setelah mengamankan sertifikat Kelayakan Operasi (SKLO) dari regulator Kominfo.

Meskipun 5G masih dalam tahap awal dan merupakan area fokus penting bagi operator Indonesia, sejumlah besar proporsi dari populasinya masih bergantung pada teknologi jaringan 3G lama. Ke depannya, karena negara ini mengadopsi 5G, operator Indonesia akan mendapat manfaat dari migrasi pengguna hanya 3G ke 4G dan memperbarui pita spektrum 2G/3G ke layanan 4G. Hal tersebut akan membantu percepatan penyebaran jaringan 4G dan 5G yang dapat menjembatani kesenjangan digital di negara ini serta meningkatkan pengalaman jaringan seluler pengguna ponsel pintar secara keseluruhan. Jaringan 4G yang kuat akan membuka jalan untuk transisi yang lebih mulus ke jaringan 5G generasi berikutnya.

Dalam laporan ini, kami telah menganalisis pengalaman jaringan seluler Indonesia di lima jaringan nasional — Telkomsel, XL, Indosat, 3 dan Smartfren — selama 90 hari, dimulai pada 1 Februari 2021, dan berakhir pada 1 Mei 2021, baik secara nasional dan regional.

Tabel Opensignal Awards

Penghargaan Pengalaman Seluler, Indonesia
Juni 2021, Indonesia Report
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar
Pemenang Penghargaan Pengalaman Seluler
Juni 2021, Indonesia
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar

Gambaran Umum

Klik label metrik untuk melihat pratinjau cepat
Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
3
61.7
Indosat
59.9
Smartfren
40.1
Telkomsel
62.7
XL
57.3
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Analisis Nasional

Pengalaman Video

Telkomsel sekali lagi memenangkan penghargaan Pengalaman Video Opensignal — kemenangan kelima berturut-turut. Ini berarti pengguna Telkomsel kami terus menikmati kualitas pengalaman streaming video seluler terbaik di Indonesia. Skor keseluruhan Telkomsel kali ini adalah 62,7 poin (dalam skala 0-100), skor operator tersebut turun sedikit — sebesar 0,1 poin — dibandingkan laporan kami yang lalu.

Sebaliknya, pengguna kami di jaringan nasional lainnya — XL, Indosat, 3 dan Smartfren — merasakan Pengalaman Video mereka meningkat, dibandingkan dengan laporan terakhir kami. Pengguna Indosat kami menikmati peningkatan terbesar sebesar 4,7 poin, diikuti oleh peningkatan 3,2 poin yang dirasakan oleh pengguna kami di jaringan 3. Hasilnya, 3 memperkecil selisih dengan Telkomsel — dari 4,3 poin menjadi 1,1 poin dengan skor 61,7 poin. Pengguna Smartfren dan XL merasakan peningkatan yang relatif kecil dengan masing-masing sebesar 2,4 dan 2,3 poin, yang cukup baik untuk meningkatkan peringkat Pengalaman Video Smartfren dari Buruk menjadi Cukup dan peringkat XL dari Cukup menjadi Baik. Ini berarti bahwa pengguna di empat dari lima jaringan di Indonesia mendapati Pengalaman Video yang Baik.

Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
3
61.7
Indosat
59.9
Smartfren
40.1
Telkomsel
62.7
XL
57.3
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Video
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Video 4G
64.0 (± 0.20) 63.0 (± 0.15) 40.1 (± 0.27) 65.6 (± 0.10) 60.2 (± 0.17)
Pengalaman Video 3G
45.8 (± 0.91) 33.4 (± 0.78) 45.7 (± 0.40) 38.2 (± 0.79)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Video 4G dalam 0-100 poin
64 (± 0.20)
63 (± 0.15)
40 (± 0.27)
66 (± 0.10)
60 (± 0.17)
Pengalaman Video 3G dalam 0-100 poin
46 (± 0.91)
33 (± 0.78)
46 (± 0.40)
38 (± 0.79)
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Inc.

Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video streaming dengan mengukur stream video nyata menggunakan tes video streaming khusus untuk menggambarkan pengalaman nyata pengguna pada suatu jaringan seluler operator. Kalkulasi ini memperhitungkan kualitas gambar, waktu pemuatan video, dan kecepatan penundaan dan menggabungkan pengukuran ini menggunakan pendekatan berbasis ITU untuk menggambarkan pengalaman video yang dirasakan seperti yang dilaporkan oleh orang-orang. Peringkat Baik menandakan bahwa pengguna menikmati pengalaman yang dapat diterima saat streaming video seluler pada resolusi yang lebih rendah, namun waktu pemuatan mungkin masih lambat, dan jeda mungkin masih sering muncul, terutama pada resolusi yang lebih tinggi.

Saat kita turun ke peringkat rendah, waktu pemuatan menjadi lebih lama, dan pengguna mendapati lebih banyak jeda dan patah dalam stream video, utamanya pada resolusi yang lebih tinggi.

Pengalaman Game Seluler

3 tetap menjadi pemenang langsung dari penghargaan Pengalaman Game Opensignal dengan skor 69,4 poin (pada skala 100 poin) kali ini, karena rekan-rekannya terus tertinggal dengan skor yang jauh lebih rendah — berkisar antara 57,6 poin dan 49,7 poin. Di semua operator, pengguna kami mengalami pengalaman bermain game multipemain yang jauh lebih baik menggunakan 4G dibandingkan dengan 3G. Perbedaan ini menyoroti pentingnya mematikan layanan 3G sesegera mungkin dan menggunakan kembali spektrum untuk layanan 4G atau bahkan 5G yang lebih modern.

Pengalaman Game Seluler
dalam 0-100 poin
3
69.4
Indosat
55.6
Smartfren
49.7
Telkomsel
57.6
XL
53.2
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Game Seluler 4G
75.1 (± 0.21) 61.6 (± 0.20) 49.7 (± 0.38) 63.2 (± 0.14) 59.1 (± 0.26)
Pengalaman Game Seluler 3G
37.6 (± 0.33) 33.3 (± 0.14) 36.4 (± 0.10) 34.8 (± 0.15)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Game Seluler 4G dalam 0-100 poin
75 (± 0.21)
62 (± 0.20)
50 (± 0.38)
63 (± 0.14)
59 (± 0.26)
Pengalaman Game Seluler 3G dalam 0-100 poin
38 (± 0.33)
33 (± 0.14)
36 (± 0.10)
35 (± 0.15)
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Inc.

Pengalaman Games Opensignal mengukur pengalaman gaming seluler multipemain pengguna di seluruh jaringan seluler. Skor 3 berada di kategori Cukup, yang berarti sebagian besar pengguna pada jaringannya menilai pengalamannya rata-rata; hal ini juga menandakan bahwa pengalaman bermain pada umumnya dapat dikendalikan, dengan mayoritas pengguna menyadari adanya jeda antara aksi mereka dan hasilnya pada game. Nilai yang lebih rendah menandakan pengalaman pengguna yang kurang dapat dinikmati, ditandai dengan meningkatnya jeda dan kurangnya kendali dalam permainan.

Pengalaman Aplikasi Suara

3 mempertahankan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara kami dengan nilai 78,6 poin (dari 100). Keunggulan operator tersebut atas Telkomsel yang berada di posisi kedua (76,1) telah meningkat sedikit pada pengukuran ini sejak laporan terakhir kami, naik dari 2,2 poin menjadi 2,5 poin. Hal ini disebabkan oleh kenaikan 0,1 poin yang dilaporkan oleh 3 pengguna kami dan penurunan 0,2 poin yang dilaporkan oleh pengguna Telkomsel kami. Sementara itu, skor Indosat meningkat 1,7 poin menjadi 74,6 poin dan masuk dalam kategori Dapat Diterima — naik dari kategori Buruk. Skor Smartfren dan XL tumbuh masing-masing 1,4 poin dan 0,5 poin.

Peringkat Dapat Diterima artinya sejumlah pengguna puas dengan kualitas panggilan dan umumnya mampu memahami tanpa pengulangan, sementara yang lainnya dapat mengalami gangguan kualitas panggilan yang jelas seperti suara ketukan atau distorsi. Peringkat Buruk artinya banyak pengguna yang tidak puas dan kemungkinan besar mengalami gangguan kualitas panggilan yang lebih besar.

Pengalaman Aplikasi Suara
dalam 0-100 poin
3
78.6
Indosat
74.6
Smartfren
72.7
Telkomsel
76.1
XL
73.3
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Aplikasi Suara 4G
79.6 (± 0.10) 75.8 (± 0.08) 72.7 (± 0.15) 77.3 (± 0.05) 74.4 (± 0.10)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G
71.4 (± 0.48) 63.7 (± 0.39) 68.9 (± 0.20) 66.1 (± 0.39)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Limited
Pengalaman Aplikasi Suara 4G dalam 0-100 poin
80 (± 0.10)
76 (± 0.08)
73 (± 0.15)
77 (± 0.05)
74 (± 0.10)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G dalam 0-100 poin
71 (± 0.48)
64 (± 0.39)
69 (± 0.20)
66 (± 0.39)
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Inc.

Pengalaman Aplikasi Suara Opensignal mengukur kualitas pengalaman untuk layanan suara over-the-top (OTT) — aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger — menggunakan model yang diturunkan dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU) untuk mengukur kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi. Model ini mencirikan hubungan yang tepat antara pengukuran teknis dan kualitas panggilan yang dirasakan. Pengalaman Aplikasi Suara untuk setiap operator dihitung dalam skala dari 0 hingga 100.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan

Telkomsel berhasil mempertahankan posisi teratas untuk Pengalaman Kecepatan Unduhan karena pengguna kami di jaringannya mengamati kecepatan unduhan keseluruhan sebesar 13,4 Mbps. Namun, keunggulannya atas XL telah menyusut kali ini — dari 1,4 Mbps (12,7%) yang terlihat dalam laporan kami sebelumnya menjadi 0,9 Mbps (7,1%) untuk kali ini. Ini karena kecepatan unduhan rata-rata yang diamati oleh pengguna XL kami naik 1,3 Mbps menjadi 12,6 Mbps, dibandingkan dengan kenaikan 0,8 Mbps yang terlihat oleh pengguna Telkomsel kami. Pengguna kami di Indosat juga mendapati Pengalaman Kecepatan Unduhan mereka meningkat sebesar 1,3 Mbps dengan kecepatan rata-rata sebesar 12,1 Mbps.

Secara keseluruhan, kecepatan unduh rata-rata di Indonesia telah meningkat secara menyeluruh, dibandingkan dengan laporan terakhir kami. Peningkatan terbesar 1,7 Mbps terlihat oleh pengguna kami pada 3. Hasilnya, Pengalaman Kecepatan Unduhan operator kini telah melampaui angka 10 Mbps. Sementara itu, Smartfren tetap tertinggal di posisi terakhir, dengan pengguna yang merasakan kecepatan rata-rata 6,3 Mbps — peningkatan 1,4 Mbps.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
dalam Mbps
3
11.1
Indosat
12.1
Smartfren
6.3
Telkomsel
13.4
XL
12.6
0 3.75 7.5 11.25 15
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunduhan 4G
12.1 (± 0.06) 13.1 (± 0.06) 6.3 (± 0.05) 14.9 (± 0.04) 13.9 (± 0.07)
Kecepatan Pengunduhan 3G
4.7 (± 0.06) 3.0 (± 0.04) 5.1 (± 0.04) 3.7 (± 0.05)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunduhan 4G dalam Mbps
12 (± 0.06)
13 (± 0.06)
6 (± 0.05)
15 (± 0.04)
14 (± 0.07)
Kecepatan Pengunduhan 3G dalam Mbps
5 (± 0.06)
3 (± 0.04)
5 (± 0.04)
4 (± 0.05)
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Inc.

Ketika kami membagi Pengalaman Kecepatan Unduhan berdasarkan generasi teknologi seluler, dalam pengukuran kecepatan unduhan 4G, pengguna Telkomsel kami mendapati kecepatan rata-rata tercepat — 14,9 Mbps — naik 0,7 Mbps (5,2%) sejak laporan terakhir kami. Pengguna kami di jaringan lain melihat peningkatan yang lebih besar. Skor XL tumbuh 1,2 Mbps (9,4%) menjadi 13,9 Mbps, sedangkan skor Indosat meningkat 1,4 Mbps (11,9%) menjadi 13,1 Mbps. Pengguna kami di 3 mengalami peningkatan paling signifikan, karena kecepatan unduhan 4G mereka meningkat sebesar 1,9 Mbps (18,4%) menjadi 12,1 Mbps. Hasilnya, berhasil memperpendek jarak dengan skor Telkomsel menjadi 0,9 Mbps (6,7%) turun dari 1,4 Mbps (11%) pada laporan kami sebelumnya.

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan

Telkomsel sekali lagi merupakan pemenang langsung dari penghargaan Pengalaman Kecepatan Unggahan kami. Pengguna Telkomsel kami melaporkan peningkatan paling signifikan sebesar 1,1 Mbps (19,9%), bila dibandingkan dengan laporan terakhir kami, dengan kecepatan unggah keseluruhan rata-rata 6,8 Mbps. Sementara itu, pengguna kami di jaringan lain melaporkan peningkatan yang relatif lebih rendah pada pengukuran ini — antara 0,1-0,4 Mbps — kecuali pengguna kami di jaringan 3 yang mengalami penurunan Pengalaman Kecepatan Unggahan sebesar 0,1 Mbps (1,6%). Dengan perubahan ini, Telkomsel berhasil memperbesar memperluas keunggulannya atas Indosat yang berada di posisi kedua (5,7 Mbps) dari 0,1 Mbps (2,3%) menjadi 1,1 Mbps (18,6%).

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
dalam Mbps
3
5.1
Indosat
5.7
Smartfren
1.2
Telkomsel
6.8
XL
5.6
0 1.875 3.75 5.625 7.5
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunggahan 4G
5.6 (± 0.03) 6.3 (± 0.03) 1.2 (± 0.01) 7.8 (± 0.03) 6.3 (± 0.03)
Kecepatan Pengunggahan 3G
1.2 (± 0.02) 0.9 (± 0.02) 1.3 (± 0.01) 1.0 (± 0.02)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunggahan 4G dalam Mbps
6 (± 0.03)
6 (± 0.03)
1 (± 0.01)
8 (± 0.03)
6 (± 0.03)
Kecepatan Pengunggahan 3G dalam Mbps
1 (± 0.02)
1 (± 0.02)
1 (± 0.01)
1 (± 0.02)
Mobile Network Experience Report | Juni 2021 | © Opensignal Inc.

Kecepatan pengunggahan menjadi semakin penting dalam layanan seluler, seiring dengan perubahan pola penggunaan dan kebiasaan konsumsi. Misalnya, pengguna seluler kini lebih terlibat dalam aplikasi media sosial — membuat dan berbagi gambar dan video beresolusi tinggi — dan beralih dari penikmat konten menjadi pembuat konten, yang memberikan keuntungan tersendiri bagi operator dengan kecepatan unggah tercepat.

Ketersediaan 4G

Operator khusus 4G di Indonesia, Smartfren, memegang penghargaan Ketersediaan 4G kami, kali ini dengan skor 97,9% — mengalami sedikit penurunan persentase sebesar 0,1 poin sejak laporan terakhir kami. Sementara Smartfren tetap menjadi satu-satunya operator di Indonesia di mana pengguna kami mengamati Ketersediaan 4G melebihi batas 95%, 3 punya ketertinggalan persentase 1,1 poin untuk mencapai tonggak tersebut. 3 berada di posisi kedua dengan skor 93,9%, disusul Indosat dengan skor 92%. Baik skor 3 maupun Indosat secara statistik tidak berubah sejak laporan terakhir kami. Sementara itu, Ketersediaan 4G pengguna Telkomsel kami turun 1,2 persen menjadi 89,3% sedangkan rekan XL mereka meningkat 1,2 persen menjadi 91,2%.

Ketersediaan 4G
% waktu
3
93.9
Indosat
92.0
Smartfren
97.9
Telkomsel
89.3
XL
91.2
0 25 50 75 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Pengalaman Cakupan 4G

Sedikit berubah sejak laporan terakhir kami mengenai Pengalaman Jangkauan 4G dengan Telkomsel masih menempati posisi pertama. Skor operator naik tipis 0,2 poin menjadi 8,5 poin dan kini memimpin XL di peringkat kedua dengan selisih 2,3 poin. Sedangkan skor 3, Indosat dan XL meningkat 0,1 poin, dengan skor berkisar antara 4,6 poin hingga 6,2 poin. Smartfren adalah satu-satunya operator yang skor 5 poinnya tidak berubah sejak laporan terakhir.

Berkat penyebaran kepadatan penduduk yang tidak merata di kepulauan Indonesia, dengan kepadatan penduduk terbesar berpusat di pulau Jawa dan sekitarnya. Pengalaman Jangkauan 4G merupakan pengukuran yang sangat penting di Indonesia. Nilai 8,5 menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel dapat menemukan sinyal 4G di lebih banyak lokasi dibandingkan pengguna kami pada operator lainnya.

Pengalaman Cakupan 4G
dalam 0 -10 poin
3
4.6
Indosat
6.1
Smartfren
5.0
Telkomsel
8.5
XL
6.2
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Sementara Ketersediaan 4G Opensignal mengukur proporsi waktu yang dihabiskan pengguna untuk terhubung ke 4G, metrik Pengalaman Jangkauan 4G kami adalah tolok ukur bagaimana pelanggan seluler merasakan jangkauan 4G di suatu jaringan operator. Diukur dengan skala 0-10, pengukuran ini menganalisa lokasi di mana konsumen operator jaringan menerima sinyal 4G terkait lokasi yang dikunjungi oleh pengguna dari semua operator jaringan.

Analisis Regional

Analisis regional kami menilai bagaimana pengalaman jaringan seluler bervariasi di 10 wilayah utama Indonesia. Hasil kami menyoroti bagaimana pengalaman pengguna kami di lima operator nasional Indonesia – 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel dan XL – dibandingkan, tergantung pada wilayah tempat mereka berada.

Dalam Pengalaman Video, juara nasional Telkomsel menang telak di enam wilayah. Di Banten, Jakarta Raya, Jawa Timur, dan Yogyakarta, Telkomsel kami menikmati Pengalaman Video yang Sangat Baik. Sementara itu, 3 menang di empat wilayah yang lainnya, termasuk Kalimantan, Kepulauan Nusa Tenggara dan Sulawesi di mana pengguna menikmati Pengalaman Sangat Baik di masing-masing wilayah tersebut.

Lanjut ke kategori kecepatan kami. Telkomsel mengumpulkan lima kemenangan telak untuk Pengalaman Kecepatan Unduhan dan juga mengamankan kemenangan bersama dengan XL di Kepulauan Nusa Tenggara. Sementara itu, 3 juga mengumpulkan dua kemenangan langsung — di Kalimantan dan Sumatera — dan berakhir dengan pertarungan sengit dengan Indosat untuk tempat pertama di Sulawesi. Dalam Pengalaman Kecepatan Unggahan, Telkomsel menang di delapan wilayah, sedangkan XL menang telak di Sulawesi dan selanjutnya imbang dengan 3 di Kalimantan.

Di antara 10 wilayah, pengguna Indonesia kami menikmati Pengalaman Kecepatan Unduhan regional tercepat 18,9 Mbps — 5,5 Mbps di atas rata-rata nasional mereka — dan Pengalaman Kecepatan Unggahan regional tercepat 9,8 Mbps di Jakarta Raya saat terhubung ke jaringan Telkomsel.

3 mendominasi skor Pengalaman Game regional kami; operator ini unggul di sembilan dari 10 wilayah di mana pengguna kami di jaringannya menikmati Pengalaman Video yang Cukup kecuali di Jawa Tengah. Telkomsel juga meraup kemenangan langsung di Jakarta Raya. Hasilnya serupa untuk Pengalaman Aplikasi Suara regional kami — 3 menyapu bersih delapan penghargaan dan mengumpulkan kemenangan bersama dengan Telkomsel di Banten. Selain itu, Telkomsel menang telak di Jakarta Raya.

Pilih wilayah di bawah untuk menampilkan uraian tersendiri

Banten

Pengalaman Video
di Banten
dalam 0-100 poin
3
58.8
Indosat
62.4
Smartfren
45.2
Telkomsel
66.6
XL
60.3
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Banten
dalam 0-100 poin
3
70.8
Indosat
64.5
Smartfren
54.2
Telkomsel
67.6
XL
56.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Banten
dalam 0-100 poin
3
78.5
Indosat
76.3
Smartfren
73.6
Telkomsel
78.6
XL
72.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Banten
dalam Mbps
3
10.0
Indosat
12.2
Smartfren
8.0
Telkomsel
15.2
XL
12.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Banten
dalam Mbps
3
4.9
Indosat
6.8
Smartfren
1.3
Telkomsel
8.4
XL
5.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Banten
dalam %
3
93.8
Indosat
93.3
Smartfren
98.2
Telkomsel
92.2
XL
92.7
Unduh Gambar

Jakarta Raya

Pengalaman Video
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
61.3
Indosat
65.6
Smartfren
46.8
Telkomsel
70.9
XL
65.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
71.9
Indosat
68.0
Smartfren
59.5
Telkomsel
73.2
XL
64.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jakarta Raya
dalam 0-100 poin
3
78.8
Indosat
77.4
Smartfren
75.7
Telkomsel
80.0
XL
75.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jakarta Raya
dalam Mbps
3
10.6
Indosat
15.4
Smartfren
8.4
Telkomsel
18.9
XL
15.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jakarta Raya
dalam Mbps
3
5.2
Indosat
8.5
Smartfren
1.6
Telkomsel
9.8
XL
7.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jakarta Raya
dalam %
3
94.8
Indosat
94.3
Smartfren
98.4
Telkomsel
93.9
XL
94.3
Unduh Gambar

Jawa Barat

Pengalaman Video
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
59.6
Indosat
60.2
Smartfren
41.3
Telkomsel
64.0
XL
56.4
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
69.5
Indosat
56.4
Smartfren
52.2
Telkomsel
64.1
XL
50.4
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Barat
dalam 0-100 poin
3
78.3
Indosat
74.5
Smartfren
73.1
Telkomsel
77.8
XL
71.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Barat
dalam Mbps
3
10.6
Indosat
11.3
Smartfren
6.2
Telkomsel
13.6
XL
11.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Barat
dalam Mbps
3
4.8
Indosat
6.0
Smartfren
1.3
Telkomsel
7.7
XL
5.9
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Barat
dalam %
3
94.3
Indosat
93.7
Smartfren
97.9
Telkomsel
91.8
XL
92.1
Unduh Gambar

Jawa Tengah

Pengalaman Video
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
59.5
Indosat
56.7
Smartfren
34.4
Telkomsel
61.6
XL
49.8
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
64.5
Indosat
49.5
Smartfren
41.2
Telkomsel
53.3
XL
48.4
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Tengah
dalam 0-100 poin
3
77.7
Indosat
73.5
Smartfren
69.7
Telkomsel
75.0
XL
74.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Tengah
dalam Mbps
3
10.4
Indosat
11.4
Smartfren
4.6
Telkomsel
12.8
XL
8.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Tengah
dalam Mbps
3
4.5
Indosat
5.2
Smartfren
1.0
Telkomsel
6.3
XL
3.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Tengah
dalam %
3
92.8
Indosat
91.6
Smartfren
97.6
Telkomsel
87.2
XL
88.1
Unduh Gambar

Jawa Timur

Pengalaman Video
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
62.3
Indosat
60.6
Smartfren
41.1
Telkomsel
66.3
XL
59.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
70.1
Indosat
54.3
Smartfren
48.9
Telkomsel
56.0
XL
55.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jawa Timur
dalam 0-100 poin
3
79.3
Indosat
75.0
Smartfren
73.0
Telkomsel
75.3
XL
76.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jawa Timur
dalam Mbps
3
10.1
Indosat
12.7
Smartfren
6.8
Telkomsel
14.1
XL
16.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jawa Timur
dalam Mbps
3
4.7
Indosat
5.4
Smartfren
1.2
Telkomsel
6.9
XL
5.0
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jawa Timur
dalam %
3
92.4
Indosat
92.5
Smartfren
98.3
Telkomsel
89.6
XL
90.1
Unduh Gambar

Kalimantan

Pengalaman Video
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
68.0
Indosat
53.8
Smartfren
43.7
Telkomsel
56.8
XL
58.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
70.4
Indosat
49.4
Smartfren
54.6
Telkomsel
49.8
XL
58.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kalimantan
dalam 0-100 poin
3
78.9
Indosat
72.2
Smartfren
74.5
Telkomsel
73.7
XL
73.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kalimantan
dalam Mbps
3
14.5
Indosat
10.1
Smartfren
7.1
Telkomsel
11.5
XL
14.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kalimantan
dalam Mbps
3
6.6
Indosat
4.6
Smartfren
1.3
Telkomsel
5.3
XL
6.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kalimantan
dalam %
3
95.1
Indosat
84.8
Smartfren
98.0
Telkomsel
81.5
XL
90.6
Unduh Gambar

Lesser Sunda Islands

Pengalaman Video
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
70.2
Indosat
61.2
Smartfren
41.6
Telkomsel
64.5
XL
61.1
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
71.9
Indosat
54.7
Smartfren
50.6
Telkomsel
54.3
XL
60.8
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Lesser Sunda Islands
dalam 0-100 poin
3
80.5
Indosat
75.6
Smartfren
73.5
Telkomsel
74.6
XL
76.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Lesser Sunda Islands
dalam Mbps
3
14.0
Indosat
14.3
Smartfren
7.5
Telkomsel
15.1
XL
14.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Lesser Sunda Islands
dalam Mbps
3
5.9
Indosat
5.4
Smartfren
1.3
Telkomsel
8.6
XL
7.0
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Lesser Sunda Islands
dalam %
3
94.5
Indosat
93.5
Smartfren
98.5
Telkomsel
89.9
XL
91.5
Unduh Gambar

Sulawesi

Pengalaman Video
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
65.0
Indosat
58.6
Smartfren
35.7
Telkomsel
57.5
XL
53.8
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
66.6
Indosat
48.1
Smartfren
46.8
Telkomsel
48.2
XL
48.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Sulawesi
dalam 0-100 poin
3
76.6
Indosat
72.6
Smartfren
72.3
Telkomsel
74.0
XL
71.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Sulawesi
dalam Mbps
3
12.9
Indosat
13.4
Smartfren
5.5
Telkomsel
12.5
XL
12.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Sulawesi
dalam Mbps
3
4.9
Indosat
4.9
Smartfren
1.1
Telkomsel
4.5
XL
5.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Sulawesi
dalam %
3
93.9
Indosat
90.6
Smartfren
97.7
Telkomsel
87.6
XL
88.2
Unduh Gambar

Sumatra

Pengalaman Video
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
64.8
Indosat
57.6
Smartfren
35.9
Telkomsel
58.7
XL
52.3
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
71.8
Indosat
54.7
Smartfren
55.1
Telkomsel
57.7
XL
48.4
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Sumatra
dalam 0-100 poin
3
79.4
Indosat
74.1
Smartfren
73.8
Telkomsel
76.1
XL
70.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Sumatra
dalam Mbps
3
12.5
Indosat
10.9
Smartfren
6.3
Telkomsel
11.4
XL
12.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Sumatra
dalam Mbps
3
5.7
Indosat
4.3
Smartfren
1.3
Telkomsel
6.1
XL
5.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Sumatra
dalam %
3
94.2
Indosat
87.5
Smartfren
97.7
Telkomsel
88.8
XL
90.8
Unduh Gambar

Yogyakarta

Pengalaman Video
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
62.8
Indosat
62.1
Smartfren
40.2
Telkomsel
65.6
XL
59.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
70.2
Indosat
58.4
Smartfren
48.5
Telkomsel
61.5
XL
58.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Yogyakarta
dalam 0-100 poin
3
79.3
Indosat
76.0
Smartfren
72.8
Telkomsel
77.6
XL
77.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Yogyakarta
dalam Mbps
3
11.0
Indosat
13.7
Smartfren
5.8
Telkomsel
16.1
XL
13.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Yogyakarta
dalam Mbps
3
5.8
Indosat
5.7
Smartfren
1.2
Telkomsel
7.9
XL
4.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Yogyakarta
dalam %
3
93.5
Indosat
90.3
Smartfren
97.3
Telkomsel
90.6
XL
89.2
Unduh Gambar
Pelajari lebih lanjut

Opensignal mengukur pengalaman dunia nyata dari para konsumen jaringan seluler di tempat-tempat mereka tinggal, bekerja, dan bepergian.

Kami menyesuaikan metodologi kami secara terus menerus untuk dapat menunjukkan pengalaman yang sebenarnya dari pengguna ponsel pintar. Oleh karena itu, perbandingan hasil dengan laporan sebelumnya hendaknya dianggap sebagai indikatif saja.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik. Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Lebih jauh tentang Metodologi

Subscribe to our newsletter and get our latest reports and analyses delivered right to your inbox every 2 weeks. We will not share your email address with third parties.

Journalists, please retain the Opensignal logo and copyright
(© Opensignal Limited) information when using this image.

This image may not be used for any commercial purpose, including use in advertisements or other promotional content, without prior written consent.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa operator pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik.

Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Mengapa interval kepercayaan sangat penting dalam menganalisis pengalaman di jaringan seluler

Subscribe to our Newsletter

and receive Opensignal reports in your email

About our Newsletter