Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia July 2020

Indonesia

Laporan Pengalaman Jaringan Seluler
July 2020

Opensignal adalah standar global independen untuk menganalisis pengalaman seluler pelanggan. Laporan industri kami merupakan panduan definitif untuk memahami pengalaman nyata yang diterima pelanggan di jaringan nirkabel.

Author
Hardik Khatri Analis Teknis

Temuan Utama

Telkomsel unggul dalam Pengalaman Video

Telkomsel kembali memenangkan penghargaan Pengalaman Video, dan cukup aman dengan skor 62.9 (dari 100) — 8.5 poin atau lebih dibandingkan operator lainnya. Dengan ini, Telkomsel juga tetap bertahan sebagai satu-satunya operator di Indonesia yang mendapat penilaian Pengalaman Video Baik (55-65) dari para pengguna kami. Sementara itu, XL, Indosat dan 3 ditempatkan dalam golongan penilaian Cukup Baik (40-55). Ini artinya pengguna kami merasakan waktu pemuatan video yang lebih cepat pada jaringan Telkomsel dan gangguan pemutaran yang lebih sedikit saat streaming video pada smartphone mereka menggunakan data seluler, dibandingkan rekan mereka pada jaringan lain.

Telkomsel bertahan sebagai juara bertahan operator dengan lima penghargaan, termasuk Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Pengalaman Kecepatan Unggahan

Telkomsel kembali meraih penghargaan untuk Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Pengalaman Kecepatan Unggahan — pengguna kami pada jaringan Telkomsel telah melaporkan kecepatan tercepat untuk kedua metrik tersebut di Indonesia. Skor Pengalaman Kecepatan Unduhan Telkomsel 40,3% lebih cepat dibandingkan pesaing terdekatnya yaitu XL. Namun, posisi Telkomsel dalam Pengalaman Kecepatan Unggahan menurun dari laporan sebelumnya, dari 0,9 Mbps menjadi 0,2 Mbps, saat dibandingkan dengan XL, yang menempati posisi kedua dalam laporan ini sekaligus dalam laporan sebelumnya.

Telkomsel mempertahankan penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara, namun 3 mulai mengejar

Telkomsel sekali lagi meraih penghargaan Voice Experience kami, kali ini dengan skor 78,4, meningkat dari 77,3 enam bulan lalu. Tapi pesaing terdekatnya dalam kategori ini — 3 — melesat dengan kemajuannya yang cukup pesat, karena kali ini skor 3 meningkat dari 73,3 menjadi 76,1. Pengguna kami di kedua jaringan operator tersebut mendapatkan Pengalaman Aplikasi Suara yang Dapat Diterima (74-80) saat menggunakan layanan suara over-the-top (OTT) dalam aplikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, dll. Di sisi lain, Indosat, XL dan Smartfren termasuk dalam golongan penilaian Buruk (66-74).

Ketersediaan 4G di Indonesia terus berkembang

Sejak laporan terakhir, pengguna kami di Indonesia telah melihat peningkatan dalam Ketersediaan 4G di seluruh jajaran. Kami mencatat perkembangan tertinggi sebesar 4,4 persen poin dalam jaringan Indosat, diikuti dengan peningkatan yang signifikan sebesar 3,3 persen poin pada Telkomsel, sementara skor untuk Smartfren, XL dan 3 berkembang di antara 1-1,8 persen poin. Dengan peningkatan tersebut, kini pengguna kami di empat dari lima jaringan mampu terhubung dengan layanan 4G setidaknya selama 90% dari total waktu pakai. Skor yang tinggi tersebut mencerminkan keberadaan LTE yang tampak menyeluruh di negara ini, yang akan membantu transisi yang lebih mulus menuju 5G saat operator meluncurkan jaringan generasi selanjutnya.

Pengalaman Game berkisar dari Sangat Buruk hingga Cukup Baik, pada tingkat operator

Kami melihat persaingan yang ketat antara 3 dan Telkomsel dalam penilaian percobaan baru kami untuk game seluler. Meskipun 3 menjadi operator pertama yang memenangkan penghargaan Pengalaman Game nasional di Indonesia, Telkomsel mendominasi Pengalaman Game regional dengan unggul di 16 kota dengan populasi terbanyak terbesar sekaligus. Pengalaman Game Opensignal menilai pengalaman dalam memainkan genre game seluler populer seperti Battle Royale dan game MOBA, seperti PUBG, Fortnite, Arena of Valor dan Brawl Stars.

Pengantar

Selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat peningkatan yang menakjubkan dalam pengalaman jaringan selular di Indonesia sebagai bagian dari investasi signifikan yang dibentuk oleh operator-operator di Indonesia sebagai bagian dari transformasi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.Dengan konektivitas internet kecepatan tinggi dan jaringan seluler yang terus meningkat di berbagai tempat yang menjadi landasan kuat ekonomi digital negara, kami melihat bagaimana kinerja operator seluler — pemeran penting dari ekosistem digital yang terus berkembang ini — dalam penilaian kami terkait pengalaman jaringan seluler pengguna.

Melihat sekilas tabel penghargaan terkini kami dan sangat jelas bahwa satu operator terus mendominasi pengalaman jaringan seluler di Indonesia. Telkomsel menyabet penghargaan dalam lima dari tujuh kategori penghargaan yang mencakup metrik pengalaman (Pengalaman Video dan Pengalaman Aplikasi Suara), metrik kecepatan kami (Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Pengalaman Kecepatan Unggahan), sekaligus Pengalaman Cakupan 4G. Telkomsel juga meraih sebagian besar penghargaan dalam analisis regional kami dari 30 kota terbesar di Indonesia.

Operator 4G-only, Smartfren, mempertahankan penghargaan Ketersediaan 4G, namun menempati posisi terbawah pada metrik lainnya, dengan pengecualian untuk Pengalaman Cakupan 4G dengan menempati posisi keempat. Patut diperhatikan bahwa pengguna 3G kami di satu atau lebih jaringan di Indonesia mendapatkan pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan 4G pada jaringan Smartfren. 3 memenangkan penghargaan Pengalaman Game perdana kami, sementara Indosat tidak memenangkan satu pun penghargaan nasional kami, tapi kami mencatat beberapa peningkatan skor yang signifikan di sebagian besar metrik. Pengguna kami melihat peningkatan tertinggi dalam Pengalaman Video (27.4%), Pengalaman Kecepatan Unduhan (28.7%), Pengalaman Kecepatan Unggahan (23.4%) dan Ketersediaan 4G (4.4 percentage points) pada jaringan Indosat, sejak laporan terakhir enam bulan yang lalu.

Dalam laporan ini, kami telah menganalisa pengalaman jaringan seluler di Indonesia di lima jaringan nasional — Indosat, XL, Smartfren, Telkomsel dan 3 — selama 90 hari, mulai tanggal 1 Februari, 2020, baik secara nasional maupun regional.

Tabel Opensignal Awards

Penghargaan Pengalaman Seluler Indonesia
July 2020, Laporan Indonesia
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar
Pemenang Penghargaan Pengalaman Seluler
July 2020, Indonesia
Pengalaman Video
Pengalaman Game Seluler
Pengalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Ketersediaan 4G
Pengalaman Cakupan 4G
Unduh Gambar

Gambaran Umum

Klik label metrik untuk melihat pratinjau cepat
Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
Indosat
53.1
XL
54.4
Smartfren
34.4
Telkomsel
62.9
3
52.8
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Analisis Nasional

Pengalaman Video

Dengan smartphone sebagai layar utamanya, dan internet nirkabel sebagai mode yang lebih diminati untuk mengakses konten secara daring di Indonesia, video streaming baik di platform global dan lokal telah berkembang di seluruh negeri. Dan dalam beberapa bulan terakhir, dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pengguna di Indonesia mengkonsumsi video di Youtube, Netflix dan layanan streaming daring lainnya — untuk hiburan, edukasi atau mendapatkan pembaruan berita penting — lebih dari sebelumnya, membuat Pengalaman Video yang baik sebagai aspek yang sangat penting dalam pengalaman jaringan seluler pengguna. Dengan begitu, mari kita lihat bagaimana kinerja operator-operator di Indonesia dalam metrik Pengalaman Video kami, yang menilai kualitas video melalui jaringan seluler pada perangkat dalam skala 100-poin, dengan memperhatikan waktu pemuatan video, tingkat kemacetan dan resolusi gambar.

Saat membahas video streaming melalui smartphone, satu operator terus unggul di Indonesia. Sekali lagi, Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Video kami dan mempertahankan penilaian Baik (55-65) dengan skor 62,9. Telkomsel terus unggul dari operator lainnya — 8,5 poin lebih unggul dari XL di urutan kedua, yang mendapatkan skor kurang dari satu poin untuk mencapai penilaian Baik. Sementara Indosat dan 3 bertahan dengan XL dalam kategori penilaian Cukup Baik dengan skor 53,1 dan 52,8 poin, Smartfren masih menempati kategori penilaian Buruk dengan 34,4.

Pengalaman Video
dalam 0-100 poin
Indosat
53.1
XL
54.4
Smartfren
34.4
Telkomsel
62.9
3
52.8
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Video
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Video 4G
56.9 (± 0.21) 58.5 (± 0.19) 34.4 (± 0.26) 66.3 (± 0.10) 55.2 (± 0.21)
Pengalaman Video 3G
31.1 (± 0.69) 36.5 (± 0.56) 49.9 (± 0.33) 40.0 (± 0.61)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | July 2020 | © Opensignal Limited
Pengalaman Video 4G dalam 0-100 poin
57 (± 0.21)
59 (± 0.19)
34 (± 0.26)
66 (± 0.10)
55 (± 0.21)
Pengalaman Video 3G dalam 0-100 poin
31 (± 0.69)
36 (± 0.56)
—
50 (± 0.33)
40 (± 0.61)
Mobile Network Experience Report | July 2020 | © Opensignal Inc.

Meskipun pemenang penghargaan Pengalaman Video tidak berubah, kualitas Pengalaman Video pengguna kami memang telah meningkat di semua jaringan — kecuali Smartfren — sejak laporan terakhir. Pengguna kami di jaringan Indosat pemenang terbesar, karena skor Indosat meningkat sebesar 11,4 poin, diikuti dengan 3, Telkomsel dan XL, yang meraih peningkatan sebesar 3,6-5,2 poin dalam enam bulan terakhir.

Saat kami mengisolasi Pengalaman Video pada koneksi 4G, Telkomsel mencapai penilaian Sangat Baik, sementara XL, Indosat dan 3 meraih penilaian Baik; penilaian Smartfren tidak berubah karena skor keseluruhannya hanya merepresentasikan koneksi 4G.

Pengalaman Game Seluler

Dalam laporan ini, untuk pertama kalinya kami melihat Pengalaman Game di Indonesia pada tingkat operator. Metrik Pengalaman Game kami mengukur kondisi jaringan seluler dunia nyata untuk menilai pengalaman game multiplayer seluler yang dirasakan oleh pengguna kami pada jaringan seluler yang berbeda. Dinilai pada skala 0-100, kami menganalisa bagaimana Pengalaman Game multiplayer seluler dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler, termasuk UDP latency, kehilangan paket dan jitter untuk menentukan pengaruhnya pada gameplay dan keseluruhan Pengalaman Game multiplayer.

Opensignal mempertimbangkan berbagai genre game multiplayer seluler, seperti Battle Royale dan game MOBA. Contoh dari genre ini termasuk PUBG, Fortnite, Arena of Valor dan Brawl Stars. Pada ponsel Android, Mobile Legends, PUBG Mobile dan Garena Free Fire menduduki posisi 1, 2 dan 3 untuk penetrasi penggunaan dalam kategori game di seluruh Indonesia (pekan terkini terhitung 20 July) menurut App Annie

Opensignal menggunakan berbagai game berbeda untuk menggambarkan pengalaman dari berbagai genre. Kami menguji berbagai lokasi server game yang sering digunakan tetapi tidak dapat mencerminkan setiap konfigurasi game tertentu. Game yang populer di tiap genre berbeda seiring waktu, tetapi Opensignal telah merancang penilaian Pengalaman Game untuk mencerminkan pengalaman yang sering dijumpai. Untuk game Battle Royale, kami berpusat pada game dengan arena 100 pemain, dibandingkan dengan game dengan ukuran arena yang lebih kecil yang kurang memanfaatkan perangkat keras maupun kemampuan jaringan smartphone.

Pengalaman Game Seluler
dalam 0-100 poin
Indosat
45.3
XL
51.8
Smartfren
38.9
Telkomsel
64.1
3
65.6
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Game Seluler 4G
54.9 (± 0.26) 62.4 (± 0.24) 38.9 (± 0.06) 71.1 (± 0.16) 73.4 (± 0.19)
Pengalaman Game Seluler 3G
32.6 (± 0.19) 35.0 (± 0.16) 39.7 (± 0.09) 37.8 (± 0.18)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | July 2020 | © Opensignal Limited
Pengalaman Game Seluler 4G dalam 0-100 poin
55 (± 0.26)
62 (± 0.24)
39 (± 0.06)
71 (± 0.16)
73 (± 0.19)
Pengalaman Game Seluler 3G dalam 0-100 poin
33 (± 0.19)
35 (± 0.16)
—
40 (± 0.09)
38 (± 0.18)
Mobile Network Experience Report | July 2020 | © Opensignal Inc.

Kami melihat persaingan ketat antara dua operator — 3 dan Telkomsel — dalam penilaian kami, tapi 3 memenangkan penghargaan kami dengan skor 65,6, satu-satunya operator yang mencapai penilaian Cukup Baik (65-75). Telkomsel tidak tertinggal jauh, dengan poin kurang dari 1,5 (64,1) untuk mencapai posisi kedua, sementara XL dan Indosat tertinggal jauh dengan skor 51,8 dan 45,3. Smartfren menduduki penilaian Sangat Buruk (kurang dari 40) dengan skor 38,9.

Penilaian Cukup Baik berarti sebagian besar pengguna menilai pengalamannya termasuk “rata-rata”; ini juga menunjukkan bahwa pengalaman gameplay pada umumnya dapat dikendalikan, dengan sebagian besar pengguna menyadari jeda di sela-sela tindakan mereka dan hasil akhir dalam game tersebut. Dan seiring turunnya penilaian, pengalamannya menjadi kurang dapat dinikmati, terlihat dengan meningkatnya jeda dan kurangnya kendali dalam gameplay.

Pengalaman Aplikasi Suara

Pengguna kami merasakan Pengalaman Aplikasi Suara terbaik pada jaringan Telkomsel. Telkomsel memenangkan penghargaan dalam kategori ini selama dua kali berturut-turut, dan mempertahankan penilaian Dapat Diterima dengan skor 78,4 (dari 100) — meningkat 1,1 poin dari laporan terakhir. Di posisi kedua, dengan skor 76,1, 3 juga bergabung dengan Telkomsel dalam kategori penilaian Dapat Diterima (74-80). Kami mencatat peningkatan tertinggi pada jaringan 3, dengan meningkatkan skor sebesar 2,4 poin untuk memotong keunggulan Telkomsel dari 4 poin menjadi 2,3 poin. Penilaian Dapat Diterima berarti pengguna puas dan pada umumnya mampu memahami tanpa pengulangan selama menelepon, sementara yang lainnya mungkin mengalami penurunan kualitas telepon yang jelas.

Pengalaman Aplikasi Suara
dalam 0-100 poin
Indosat
70.5
XL
70.5
Smartfren
67.0
Telkomsel
78.4
3
76.1
0 10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
Metrik Tambahan
dalam 0-100 poin
Pengalaman Aplikasi Suara 4G
72.1 (± 0.11) 72.2 (± 0.10) 67.0 (± 0.13) 79.9 (± 0.06) 77.2 (± 0.08)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G
61.0 (± 0.39) 63.0 (± 0.34) 73.0 (± 0.19) 70.5 (± 0.35)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | July 2020 | © Opensignal Limited
Pengalaman Aplikasi Suara 4G dalam 0-100 poin
72 (± 0.11)
72 (± 0.10)
67 (± 0.13)
80 (± 0.06)
77 (± 0.08)
Pengalaman Aplikasi Suara 3G dalam 0-100 poin
61 (± 0.39)
63 (± 0.34)
—
73 (± 0.19)
71 (± 0.35)
Mobile Network Experience Report | July 2020 | © Opensignal Inc.

Indosat juga meningkatkan skornya sebesar 2,1 poin untuk mencapai skor 70,5, dan bersaing ketat dengan XL. Namun, dengan skor antara 66-74, ketiga operator, termasuk Smartfren (67), bertahan di kategori penilaian Buruk (66-74). Penilaian Buruk menunjukkan bahwa banyak pengguna yang tidak puas dan mengalami penurunan kualitas telepon, seperti distorsi, suara ketukan atau senyap.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan

Kecepatan unduh harian yang dirasakan pengguna di Indonesia terus meningkat di sebagian besar jaringan. Skor Pengalaman Kecepatan Unduhan dari empat dari lima operator nasional, terkecuali Smartfren, meningkat sejak laporan terakhir kami, tapi tidak ada peningkatan individu dari Indosat, XL atau 3 yang cukup untuk mengejar Telkomsel yang unggul dalam kategori ini. Rata-rata pengguna Telkomsel merasakan kecepatan unduh tercepat sebesar 13,1 Mbps di Indonesia. Skor kemenangannya 3,8 Mbps lebih cepat dari pesaing terdekatnya, XL, dan lebih dari tiga kali lipat lebih cepat dari Smartfren di posisi terakhir dalam penilaian kami.

Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
dalam Mbps
Indosat
8.4
XL
9.3
Smartfren
4.3
Telkomsel
13.1
3
7.2
03.757.511.2515
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunduhan 4G
9.4 (± 0.04) 10.7 (± 0.05) 4.3 (± 0.03) 14.8 (± 0.04) 7.9 (± 0.04)
Kecepatan Pengunduhan 3G
2.9 (± 0.03) 3.3 (± 0.03) 6.5 (± 0.04) 3.6 (± 0.03)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | July 2020 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunduhan 4G dalam Mbps
9 (± 0.04)
11 (± 0.05)
4 (± 0.03)
15 (± 0.04)
8 (± 0.04)
Kecepatan Pengunduhan 3G dalam Mbps
3 (± 0.03)
3 (± 0.03)
—
7 (± 0.04)
4 (± 0.03)
Mobile Network Experience Report | July 2020 | © Opensignal Inc.

Pengguna kami pada jaringan Telkomsel melihat rata-rata kecepatan unduh mereka meningkat sebesar 1 Mbps, Indosat melihat peningkatan tertinggi sebesar 1,9 Mbps, diikuti dengan pengguna 3 dan XL yang melihat kecepatan mereka meningkat sebesar 0,7 Mbps dan 0,6 Mbps.

Saat kami memilah kecepatan berdasarkan jenis teknologi, kami melihat gambaran yang sama pada skor Pengalaman Kecepatan Unduhan 4G: Telkomsel mencapai skor tertinggi — 14,8 Mbps — XL di peringkat kedua dengan skor 10,7Mbps, diikuti dengan Indosat, 3 dan Smartfren dengan skor 9,4 Mbps, 7,9Mbps, dan 4,3 Mbps.

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan

Namun, kami melihat persaingan ketat pada Pengalaman Kecepatan Unggahan. Telkomsel mempertahankan penghargaan kami dengan skor 5,1 Mbps, sementara XL hampir menyaingi pemenang kami dengan skor 4,9 Mbps. Di saat yang sama, 3 dan Indosat mengejar tidak jauh di belakang, seri secara statistik, dengan skor mendekati 4,5 Mbps. Sebaliknya, jarak antara Smartfren dengan operator-operator lainnya jauh lebih besar, karena skornya hanya sedikit di atas 1 Mbps.

Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
dalam Mbps
Indosat
4.4
XL
4.9
Smartfren
1.0
Telkomsel
5.1
3
4.4
01.8753.755.6257.5
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
Metrik Tambahan
dalam Mbps
Kecepatan Pengunggahan 4G
5.0 (± 0.03) 5.8 (± 0.03) 1.0 (± 0.01) 6.1 (± 0.02) 5.1 (± 0.02)
Kecepatan Pengunggahan 3G
0.9 (± 0.02) 0.8 (± 0.01) 1.3 (± 0.01) 0.9 (± 0.01)
angka numerik (+/-) menunjukkan interval kepercayaan.
Laporan Pengalaman Jaringan Seluler | July 2020 | © Opensignal Limited
Kecepatan Pengunggahan 4G dalam Mbps
5 (± 0.03)
6 (± 0.03)
1 (± 0.01)
6 (± 0.02)
5 (± 0.02)
Kecepatan Pengunggahan 3G dalam Mbps
1 (± 0.02)
1 (± 0.01)
—
1 (± 0.01)
1 (± 0.01)
Mobile Network Experience Report | July 2020 | © Opensignal Inc.

Kecepatan unggah umumnya lebih lambat daripada kecepatan unduh, karena teknologi broadband seluler saat ini cenderung fokus pada menyediakan tingkat downstream sebaik mungkin bagi pengguna untuk mengonsumsi konten. Tapi penggunaan sosial media dan pembagian konten yang meningkat menunjukkan bahwa pengguna ponsel tidak hanya mengonsumsi konten tapi juga menciptakannya. Ini artinya kecepatan unggah menjadi aspek yang semakin penting untuk pengalaman jaringan seluler.

Ketersediaan 4G

Akses 4G di Indonesia kian membaik. Smartfren mempertahankan penghargaan Ketersediaan 4G dengan skor mengagumkan sebesar 97,4%. Tapi keempat pesaingnya telah membuat lompatan besar untuk mengejar Smartfren sejak laporan terakhir kami. Meskipun skor Ketersediaan 4G 3 meningkat sebesar 1,8 persen poin untuk mencapai skor yang menakjubkan di 92,6%, pengguna kami melihat peningkatan tertinggi sebesar 4,4 persen poin pada jaringan Indosat, yang mendongkrak skornya melebihi 90%. Ini juga salah saru alasan kami melihat perkembangan pesat pada skor Indosat dalam metrik lainnya. Seiring operator membuat layanan 4G mereka lebih mudah diakses, konsumen dapat lebih sering mendapatkan koneksi 4G yang lebih cepat, yang menyebabkan pengalaman jaringan seluler meningkat secara keseluruhan.

Ketersediaan 4G
% waktu
Indosat
90.8
XL
88.8
Smartfren
97.4
Telkomsel
90.0
3
92.6
0255075100
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Telkomsel juga mencapai 90% seiring meningkatnya skor sebesar 3,3 persen poin — yang luar biasa karena penggunanya yang cenderung tinggi yang tersebar di seluruh geografi kepulauan — sementara skor XL meningkat sebesar 1,7 persen poin untuk mencapai skor 88,8%. Ini artinya pengguna 4G di empat dari lima jaringan di Indonesia, rata-rata, kini mampu terhubung pada layanan 4G setidaknya selama 90% dari total waktu pakai.

Pengalaman Cakupan 4G

Telkomsel juga memenangkan penghargaan Pengalaman Cakupan 4G kami dengan skor tertinggi sebesar 8,1 poin (pada skala 10-poin), diikuti XL dan Indosat dengan skor 6,0 dan 5,8, sementara Smartfren dan 3 tertinggal jauh — skor keduanya berada di bawah 5 poin. Karena penyebaran kepadatan penduduk yang tidak merata di kepulauan Indonesia, dengan populasi terbanyak berpusat di Jawa dan sekitarnya, metrik ini merupakan penilaian yang penting di Indonesia. Skor 8,1 menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel dapat menemukan sinyal 4G di lebih banyak lokasi dibandingkan dengan pengguna operator lainnya.

Pengalaman Cakupan 4G
dalam 0 -10 poin
Indosat
5.8
XL
6.0
Smartfren
4.9
Telkomsel
8.1
3
4.2
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tanda kurung menunjukkan interval kepercayaan.
Unduh Gambar

Metrik Pengalaman Cakupan 4G Opensignal merupakan penilaian bagaimana pelanggan seluler kami merasakan jangkauan 4G pada jaringan operator. Diukur dengan skala 0-10, metrik ini menganalisa lokasi di mana konsumen operator jaringan menerima sinyal 4G terkait lokasi yang dikunjungi oleh pengguna Opensignal di seluruh operator jaringan.

Analisis Regional

Dalam analisis kami pada 30 kota terbesar di Indonesia, penghargaan regional kami sangat mencerminkan hasil nasional kami dengan pengecualian pada Pengalaman Game: Telkomsel mendominasi mayoritas kategori dengan memenangkan 96 dari 180 penghargaan sekaligus dan meraih 34 hasil seri untuk juara pertama.

Dalam Pengalaman Video, Telkomsel menang di 23 kota sekaligus dan seri untuk juara pertama di tujuh kota — termasuk enam seri dengan Indosat dan satu sisanya dengan 3 di Kota Tasikmalaya. Patut diperhatikan bahwa pengguna jaringan Telkomsel kami menikmati Pengalaman Video yang Sangat Baik di 23 kota dan Pengalaman Video yang Baik di tujuh kota lainnya.

Telkomsel juga mendominasi hasil Pengalaman Aplikasi Suara regional kami: Telkomsel menang di 26 kota, dan meraih 4 hasil seri dengan 3 di Banjarmasin, Cimahi, Denpasar dan Kota Tasikmalaya. Pengguna kami di Telkomsel mendapatkan Pengalaman Aplikasi Suara yang Baik di 27 kota, dan Pengalaman Aplikasi Suara yang Dapat Diterima di tiga kota lainnya. Di antara 30 kota tersebut, pengguna kami mengamati Pengalaman Video dan Pengalaman Aplikasi Suara terbaik pada jaringan Telekomsel di Balikpapan — dengan skor keseluruhan tertinggi sebesar 71,4 dan 83,5.

Dalam terobosan terbaru kami, kami menganalisa Pengalaman Game di kota-kota terbesar di Indonesia, pada tingkat keseluruhan, dan menemukan bahwa pengalaman game seluler yang umum berkisar antara Cukup Baik hingga Buruk. Dalam laporan ini kami melihat kembali, kali ini pada tingkat operator, dan menemukan bahwa pemenang nasional kami, 3, didominasi oleh Telkomsel di kota-kota terbesar. Meskipun 3 memenangkan penghargaan di tiga kota — Banjarmasin, Kota Pontianak, dan Semarang — Telkomsel menang di 16 kota sekaligus dan di 11 kota lainnya, kedua operator ini seri untuk juara pertama. Pengguna jaringan Telkomsel menikmati Pengalaman Game yang Baik di 13 kota, termasuk Jakarta, Kota Bandung, Kota Bekasi dan Medan, sementara di 11 kota lainnya Pengalaman Game mereka Cukup Baik.

Beralih ke metrik kecepatan kami, kemenangan sudah jelas di tangan Telkomsel untuk kategori Pengalaman Kecepatan Unduhan di 25 kota. Telkomsel mendapat hasil seri di dua kota dengan Indosat di Padang dan Semarang, dan di Kota Cirebon, kita melihat seri-tiga antara Telkomsel, Indosat dan XL. Indosat menang telak di dua kota lainnya — Medan dan Pekanbaru. Kami melihat perlombaan yang sengit pada Pengalaman Kecepatan Unggahan, di mana sebagian besar penghargaan terbagi antara Telkomsel dan XL, diikuti oleh Indosat.

Sementara itu, Smartfren mendominasi Ketersediaan 4G, dengan pengguna 4G Smartfren yang mampu terhubung dengan layanan 4G setidaknya selama 96% dari total waktu pakai di seluruh 30 kota.

Pilih wilayah di bawah untuk menampilkan uraian tersendiri

Balikpapan

Pengalaman Video
di Balikpapan
dalam 0-100 poin
Indosat
63.3
XL
62.5
Smartfren
52.0
Telkomsel
71.4
3
61.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Balikpapan
dalam 0-100 poin
Indosat
57.1
XL
63.4
Smartfren
42.4
Telkomsel
78.0
3
72.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Balikpapan
dalam 0-100 poin
Indosat
72.6
XL
72.4
Smartfren
74.4
Telkomsel
83.5
3
79.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Balikpapan
dalam Mbps
Indosat
11.2
XL
12.6
Smartfren
7.8
Telkomsel
17.4
3
9.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Balikpapan
dalam Mbps
Indosat
7.3
XL
7.1
Smartfren
1.9
Telkomsel
8.6
3
5.4
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Balikpapan
dalam %
Indosat
91.9
XL
90.4
Smartfren
98.1
Telkomsel
92.7
3
94.9
Unduh Gambar

Bandar Lampung

Pengalaman Video
di Bandar Lampung
dalam 0-100 poin
Indosat
61.5
XL
59.6
Smartfren
35.6
Telkomsel
68.4
3
56.4
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Bandar Lampung
dalam 0-100 poin
Indosat
61.1
XL
57.5
Smartfren
44.6
Telkomsel
73.5
3
70.1
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Bandar Lampung
dalam 0-100 poin
Indosat
75.2
XL
74.4
Smartfren
68.2
Telkomsel
80.9
3
78.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Bandar Lampung
dalam Mbps
Indosat
9.2
XL
11.2
Smartfren
4.4
Telkomsel
15.1
3
8.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Bandar Lampung
dalam Mbps
Indosat
6.3
XL
6.8
Smartfren
1.2
Telkomsel
4.8
3
5.9
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Bandar Lampung
dalam %
Indosat
89.2
XL
90.0
Smartfren
98.3
Telkomsel
92.5
3
94.5
Unduh Gambar

Banjarmasin

Pengalaman Video
di Banjarmasin
dalam 0-100 poin
Indosat
62.5
XL
57.0
Smartfren
33.7
Telkomsel
68.4
3
64.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Banjarmasin
dalam 0-100 poin
Indosat
63.3
XL
59.2
Smartfren
42.4
Telkomsel
74.5
3
85.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Banjarmasin
dalam 0-100 poin
Indosat
76.7
XL
72.7
Smartfren
71.1
Telkomsel
82.4
3
81.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Banjarmasin
dalam Mbps
Indosat
11.4
XL
10.1
Smartfren
3.9
Telkomsel
17.8
3
10.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Banjarmasin
dalam Mbps
Indosat
6.6
XL
7.7
Smartfren
1.5
Telkomsel
10.3
3
6.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Banjarmasin
dalam %
Indosat
91.7
XL
94.1
Smartfren
98.0
Telkomsel
92.4
3
94.3
Unduh Gambar

Batam

Pengalaman Video
di Batam
dalam 0-100 poin
Indosat
54.5
XL
54.8
Smartfren
32.4
Telkomsel
63.2
3
42.4
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Batam
dalam 0-100 poin
Indosat
53.9
XL
61.7
Smartfren
52.4
Telkomsel
80.9
3
68.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Batam
dalam 0-100 poin
Indosat
74.1
XL
68.9
Smartfren
70.9
Telkomsel
82.1
3
77.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Batam
dalam Mbps
Indosat
8.7
XL
9.8
Smartfren
5.0
Telkomsel
14.4
3
4.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Batam
dalam Mbps
Indosat
4.8
XL
7.5
Smartfren
1.0
Telkomsel
5.6
3
4.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Batam
dalam %
Indosat
91.7
XL
92.5
Smartfren
97.9
Telkomsel
91.9
3
91.3
Unduh Gambar

Cilegon

Pengalaman Video
di Cilegon
dalam 0-100 poin
Indosat
63.2
XL
53.7
Smartfren
34.5
Telkomsel
66.0
3
51.1
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Cilegon
dalam 0-100 poin
Indosat
49.3
XL
62.9
Smartfren
53.3
Telkomsel
77.1
3
64.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Cilegon
dalam 0-100 poin
Indosat
72.8
XL
73.9
Smartfren
70.6
Telkomsel
81.1
3
76.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Cilegon
dalam Mbps
Indosat
9.4
XL
9.0
Smartfren
5.5
Telkomsel
12.9
3
6.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Cilegon
dalam Mbps
Indosat
4.2
XL
4.6
Smartfren
0.9
Telkomsel
5.2
3
4.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Cilegon
dalam %
Indosat
86.7
XL
91.1
Smartfren
97.8
Telkomsel
89.9
3
90.0
Unduh Gambar

Cimahi

Pengalaman Video
di Cimahi
dalam 0-100 poin
Indosat
55.5
XL
55.5
Smartfren
30.2
Telkomsel
58.1
3
48.5
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Cimahi
dalam 0-100 poin
Indosat
43.4
XL
48.4
Smartfren
40.0
Telkomsel
68.6
3
70.7
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Cimahi
dalam 0-100 poin
Indosat
71.3
XL
72.0
Smartfren
68.0
Telkomsel
79.0
3
77.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Cimahi
dalam Mbps
Indosat
7.5
XL
9.1
Smartfren
3.7
Telkomsel
10.3
3
6.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Cimahi
dalam Mbps
Indosat
4.4
XL
5.6
Smartfren
0.9
Telkomsel
4.5
3
4.1
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Cimahi
dalam %
Indosat
93.3
XL
89.5
Smartfren
96.8
Telkomsel
91.9
3
94.5
Unduh Gambar

Denpasar

Pengalaman Video
di Denpasar
dalam 0-100 poin
Indosat
54.8
XL
60.1
Smartfren
38.8
Telkomsel
67.3
3
50.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Denpasar
dalam 0-100 poin
Indosat
49.5
XL
59.4
Smartfren
39.3
Telkomsel
71.0
3
69.8
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Denpasar
dalam 0-100 poin
Indosat
73.3
XL
74.1
Smartfren
70.5
Telkomsel
80.0
3
79.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Denpasar
dalam Mbps
Indosat
9.8
XL
10.7
Smartfren
5.3
Telkomsel
15.9
3
5.7
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Denpasar
dalam Mbps
Indosat
4.7
XL
7.1
Smartfren
1.1
Telkomsel
8.1
3
4.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Denpasar
dalam %
Indosat
93.4
XL
94.4
Smartfren
99.1
Telkomsel
92.6
3
93.2
Unduh Gambar

Depok

Pengalaman Video
di Depok
dalam 0-100 poin
Indosat
50.8
XL
56.9
Smartfren
36.6
Telkomsel
66.0
3
48.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Depok
dalam 0-100 poin
Indosat
55.1
XL
62.5
Smartfren
42.3
Telkomsel
76.8
3
70.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Depok
dalam 0-100 poin
Indosat
73.0
XL
75.6
Smartfren
68.6
Telkomsel
81.3
3
76.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Depok
dalam Mbps
Indosat
7.0
XL
9.1
Smartfren
4.2
Telkomsel
12.6
3
6.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Depok
dalam Mbps
Indosat
4.8
XL
4.8
Smartfren
1.0
Telkomsel
5.5
3
4.5
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Depok
dalam %
Indosat
94.8
XL
93.3
Smartfren
97.9
Telkomsel
94.3
3
95.7
Unduh Gambar

Jakarta

Pengalaman Video
di Jakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
55.6
XL
57.0
Smartfren
37.5
Telkomsel
66.5
3
52.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Jakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
59.0
XL
65.7
Smartfren
47.1
Telkomsel
75.5
3
70.1
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Jakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
74.0
XL
76.0
Smartfren
71.5
Telkomsel
81.0
3
77.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Jakarta
dalam Mbps
Indosat
9.1
XL
9.7
Smartfren
5.1
Telkomsel
13.9
3
7.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Jakarta
dalam Mbps
Indosat
5.6
XL
5.0
Smartfren
1.2
Telkomsel
5.4
3
4.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Jakarta
dalam %
Indosat
93.5
XL
92.5
Smartfren
97.7
Telkomsel
93.0
3
93.6
Unduh Gambar

Kota Bandung

Pengalaman Video
di Kota Bandung
dalam 0-100 poin
Indosat
60.3
XL
61.7
Smartfren
36.0
Telkomsel
67.1
3
56.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Bandung
dalam 0-100 poin
Indosat
49.4
XL
62.5
Smartfren
44.2
Telkomsel
74.2
3
72.8
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Bandung
dalam 0-100 poin
Indosat
74.1
XL
76.9
Smartfren
70.6
Telkomsel
81.3
3
78.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Bandung
dalam Mbps
Indosat
10.5
XL
12.0
Smartfren
4.3
Telkomsel
13.4
3
8.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Bandung
dalam Mbps
Indosat
5.5
XL
7.1
Smartfren
1.2
Telkomsel
4.9
3
5.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Bandung
dalam %
Indosat
92.3
XL
92.8
Smartfren
97.5
Telkomsel
91.7
3
93.2
Unduh Gambar

Kota Bekasi

Pengalaman Video
di Kota Bekasi
dalam 0-100 poin
Indosat
51.7
XL
56.1
Smartfren
36.3
Telkomsel
66.4
3
48.5
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Bekasi
dalam 0-100 poin
Indosat
57.4
XL
65.2
Smartfren
39.8
Telkomsel
78.5
3
70.6
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Bekasi
dalam 0-100 poin
Indosat
72.6
XL
75.5
Smartfren
66.7
Telkomsel
81.6
3
76.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Bekasi
dalam Mbps
Indosat
7.4
XL
9.1
Smartfren
4.3
Telkomsel
12.6
3
6.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Bekasi
dalam Mbps
Indosat
5.1
XL
5.1
Smartfren
1.0
Telkomsel
5.1
3
4.8
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Bekasi
dalam %
Indosat
94.8
XL
92.3
Smartfren
98.2
Telkomsel
93.9
3
94.8
Unduh Gambar

Kota Bogor

Pengalaman Video
di Kota Bogor
dalam 0-100 poin
Indosat
49.9
XL
56.2
Smartfren
37.4
Telkomsel
64.9
3
54.6
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Bogor
dalam 0-100 poin
Indosat
54.2
XL
63.8
Smartfren
47.3
Telkomsel
72.1
3
72.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Bogor
dalam 0-100 poin
Indosat
72.2
XL
76.5
Smartfren
71.2
Telkomsel
80.6
3
77.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Bogor
dalam Mbps
Indosat
7.2
XL
8.7
Smartfren
4.7
Telkomsel
12.5
3
7.7
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Bogor
dalam Mbps
Indosat
4.3
XL
4.5
Smartfren
1.2
Telkomsel
4.6
3
5.3
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Bogor
dalam %
Indosat
94.2
XL
91.4
Smartfren
98.2
Telkomsel
92.1
3
95.6
Unduh Gambar

Kota Cirebon

Pengalaman Video
di Kota Cirebon
dalam 0-100 poin
Indosat
65.3
XL
59.7
Smartfren
36.2
Telkomsel
64.0
3
50.6
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Cirebon
dalam 0-100 poin
Indosat
60.4
XL
53.7
Smartfren
48.8
Telkomsel
73.5
3
59.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Cirebon
dalam 0-100 poin
Indosat
75.6
XL
73.4
Smartfren
70.7
Telkomsel
80.6
3
75.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Cirebon
dalam Mbps
Indosat
12.4
XL
11.9
Smartfren
5.1
Telkomsel
13.2
3
8.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Cirebon
dalam Mbps
Indosat
5.1
XL
6.2
Smartfren
1.2
Telkomsel
5.9
3
4.9
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Cirebon
dalam %
Indosat
92.2
XL
85.2
Smartfren
97.4
Telkomsel
91.4
3
92.9
Unduh Gambar

Kota Malang

Pengalaman Video
di Kota Malang
dalam 0-100 poin
Indosat
60.9
XL
64.2
Smartfren
46.4
Telkomsel
70.2
3
45.1
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Malang
dalam 0-100 poin
Indosat
55.5
XL
63.6
Smartfren
39.7
Telkomsel
73.0
3
62.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Malang
dalam 0-100 poin
Indosat
75.5
XL
74.6
Smartfren
72.8
Telkomsel
80.8
3
76.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Malang
dalam Mbps
Indosat
10.8
XL
13.4
Smartfren
6.9
Telkomsel
16.3
3
4.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Malang
dalam Mbps
Indosat
5.9
XL
6.9
Smartfren
1.3
Telkomsel
6.1
3
3.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Malang
dalam %
Indosat
93.1
XL
92.4
Smartfren
98.3
Telkomsel
91.3
3
90.7
Unduh Gambar

Kota Pontianak

Pengalaman Video
di Kota Pontianak
dalam 0-100 poin
Indosat
66.4
XL
63.7
Smartfren
28.9
Telkomsel
70.2
3
61.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Pontianak
dalam 0-100 poin
Indosat
65.5
XL
62.6
Smartfren
48.0
Telkomsel
74.5
3
78.6
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Pontianak
dalam 0-100 poin
Indosat
76.7
XL
73.0
Smartfren
72.8
Telkomsel
83.4
3
79.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Pontianak
dalam Mbps
Indosat
11.0
XL
13.6
Smartfren
4.2
Telkomsel
16.9
3
9.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Pontianak
dalam Mbps
Indosat
7.2
XL
7.3
Smartfren
1.4
Telkomsel
8.5
3
6.0
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Pontianak
dalam %
Indosat
93.4
XL
94.5
Smartfren
98.9
Telkomsel
93.8
3
96.5
Unduh Gambar

Kota Serang

Pengalaman Video
di Kota Serang
dalam 0-100 poin
Indosat
54.2
XL
51.5
Smartfren
37.9
Telkomsel
60.7
3
54.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Serang
dalam 0-100 poin
Indosat
41.0
XL
59.3
Smartfren
41.8
Telkomsel
73.4
3
69.4
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Serang
dalam 0-100 poin
Indosat
67.9
XL
75.6
Smartfren
67.3
Telkomsel
80.0
3
77.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Serang
dalam Mbps
Indosat
8.4
XL
8.6
Smartfren
4.8
Telkomsel
12.6
3
7.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Serang
dalam Mbps
Indosat
4.2
XL
4.3
Smartfren
0.9
Telkomsel
5.5
3
4.9
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Serang
dalam %
Indosat
89.7
XL
88.6
Smartfren
96.6
Telkomsel
92.9
3
90.7
Unduh Gambar

Kota Tangerang

Pengalaman Video
di Kota Tangerang
dalam 0-100 poin
Indosat
51.1
XL
54.6
Smartfren
36.5
Telkomsel
63.4
3
50.2
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Tangerang
dalam 0-100 poin
Indosat
57.2
XL
64.2
Smartfren
45.7
Telkomsel
74.0
3
71.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Tangerang
dalam 0-100 poin
Indosat
73.6
XL
74.4
Smartfren
71.2
Telkomsel
80.8
3
76.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Tangerang
dalam Mbps
Indosat
7.7
XL
8.1
Smartfren
4.3
Telkomsel
11.8
3
6.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Tangerang
dalam Mbps
Indosat
5.3
XL
4.3
Smartfren
1.1
Telkomsel
4.9
3
4.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Tangerang
dalam %
Indosat
93.4
XL
93.5
Smartfren
98.4
Telkomsel
94.0
3
95.0
Unduh Gambar

Kota Tasikmalaya

Pengalaman Video
di Kota Tasikmalaya
dalam 0-100 poin
Indosat
55.2
XL
51.4
Smartfren
38.4
Telkomsel
62.9
3
61.2
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Tasikmalaya
dalam 0-100 poin
Indosat
51.9
XL
47.3
Smartfren
39.6
Telkomsel
73.0
3
78.7
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Tasikmalaya
dalam 0-100 poin
Indosat
73.1
XL
71.6
Smartfren
68.9
Telkomsel
81.2
3
79.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Tasikmalaya
dalam Mbps
Indosat
8.7
XL
9.5
Smartfren
5.1
Telkomsel
11.6
3
9.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Tasikmalaya
dalam Mbps
Indosat
4.0
XL
5.3
Smartfren
0.8
Telkomsel
4.9
3
5.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Tasikmalaya
dalam %
Indosat
93.3
XL
87.6
Smartfren
96.2
Telkomsel
90.8
3
92.7
Unduh Gambar

Kota Yogyakarta

Pengalaman Video
di Kota Yogyakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
64.0
XL
65.1
Smartfren
37.8
Telkomsel
68.6
3
60.1
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Kota Yogyakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
63.7
XL
70.0
Smartfren
50.8
Telkomsel
74.6
3
64.8
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Kota Yogyakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
78.1
XL
78.6
Smartfren
75.6
Telkomsel
81.7
3
78.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Kota Yogyakarta
dalam Mbps
Indosat
11.9
XL
12.9
Smartfren
5.3
Telkomsel
16.3
3
8.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Kota Yogyakarta
dalam Mbps
Indosat
6.7
XL
5.6
Smartfren
1.3
Telkomsel
5.5
3
5.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Kota Yogyakarta
dalam %
Indosat
90.9
XL
92.2
Smartfren
97.3
Telkomsel
93.1
3
93.8
Unduh Gambar

Makassar

Pengalaman Video
di Makassar
dalam 0-100 poin
Indosat
63.7
XL
61.8
Smartfren
35.0
Telkomsel
71.2
3
43.9
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Makassar
dalam 0-100 poin
Indosat
52.3
XL
60.9
Smartfren
44.3
Telkomsel
77.4
3
54.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Makassar
dalam 0-100 poin
Indosat
75.9
XL
71.8
Smartfren
72.5
Telkomsel
82.5
3
72.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Makassar
dalam Mbps
Indosat
14.7
XL
10.8
Smartfren
4.2
Telkomsel
20.0
3
4.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Makassar
dalam Mbps
Indosat
6.6
XL
5.6
Smartfren
1.1
Telkomsel
7.2
3
3.4
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Makassar
dalam %
Indosat
91.6
XL
91.9
Smartfren
98.3
Telkomsel
92.0
3
92.8
Unduh Gambar

Manado

Pengalaman Video
di Manado
dalam 0-100 poin
Indosat
53.1
XL
59.2
Smartfren
14.5
Telkomsel
69.7
3
56.3
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Manado
dalam 0-100 poin
Indosat
40.9
XL
53.6
Smartfren
39.6
Telkomsel
65.7
3
64.1
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Manado
dalam 0-100 poin
Indosat
74.1
XL
72.2
Smartfren
69.9
Telkomsel
80.4
3
73.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Manado
dalam Mbps
Indosat
10.2
XL
9.9
Smartfren
2.1
Telkomsel
19.9
3
8.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Manado
dalam Mbps
Indosat
3.1
XL
5.0
Smartfren
1.0
Telkomsel
5.3
3
4.5
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Manado
dalam %
Indosat
90.6
XL
88.9
Smartfren
97.7
Telkomsel
90.8
3
93.9
Unduh Gambar

Medan

Pengalaman Video
di Medan
dalam 0-100 poin
Indosat
68.6
XL
62.0
Smartfren
32.6
Telkomsel
68.8
3
42.4
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Medan
dalam 0-100 poin
Indosat
65.3
XL
64.5
Smartfren
50.6
Telkomsel
81.8
3
65.4
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Medan
dalam 0-100 poin
Indosat
78.1
XL
75.7
Smartfren
72.6
Telkomsel
82.3
3
75.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Medan
dalam Mbps
Indosat
18.7
XL
12.3
Smartfren
4.2
Telkomsel
16.6
3
3.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Medan
dalam Mbps
Indosat
7.3
XL
8.1
Smartfren
1.2
Telkomsel
7.3
3
3.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Medan
dalam %
Indosat
90.0
XL
93.1
Smartfren
98.5
Telkomsel
92.7
3
90.1
Unduh Gambar

Padang

Pengalaman Video
di Padang
dalam 0-100 poin
Indosat
64.8
XL
53.1
Smartfren
32.7
Telkomsel
66.9
3
55.2
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Padang
dalam 0-100 poin
Indosat
50.4
XL
55.0
Smartfren
48.9
Telkomsel
85.0
3
74.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Padang
dalam 0-100 poin
Indosat
72.6
XL
71.5
Smartfren
69.9
Telkomsel
83.0
3
80.2
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Padang
dalam Mbps
Indosat
15.1
XL
8.4
Smartfren
5.1
Telkomsel
14.1
3
6.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Padang
dalam Mbps
Indosat
4.2
XL
6.3
Smartfren
1.2
Telkomsel
5.7
3
4.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Padang
dalam %
Indosat
80.4
XL
92.4
Smartfren
96.8
Telkomsel
93.3
3
91.7
Unduh Gambar

Palembang

Pengalaman Video
di Palembang
dalam 0-100 poin
Indosat
54.4
XL
61.3
Smartfren
36.8
Telkomsel
68.4
3
61.8
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Palembang
dalam 0-100 poin
Indosat
59.0
XL
58.9
Smartfren
41.0
Telkomsel
78.5
3
81.7
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Palembang
dalam 0-100 poin
Indosat
74.9
XL
74.0
Smartfren
67.0
Telkomsel
82.3
3
81.1
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Palembang
dalam Mbps
Indosat
9.7
XL
10.9
Smartfren
5.1
Telkomsel
14.4
3
10.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Palembang
dalam Mbps
Indosat
4.4
XL
7.1
Smartfren
1.3
Telkomsel
4.7
3
6.1
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Palembang
dalam %
Indosat
90.3
XL
91.1
Smartfren
97.9
Telkomsel
92.1
3
96.7
Unduh Gambar

Pekanbaru

Pengalaman Video
di Pekanbaru
dalam 0-100 poin
Indosat
66.4
XL
57.4
Smartfren
34.2
Telkomsel
68.4
3
50.8
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Pekanbaru
dalam 0-100 poin
Indosat
62.7
XL
62.9
Smartfren
50.4
Telkomsel
82.2
3
74.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Pekanbaru
dalam 0-100 poin
Indosat
77.7
XL
69.5
Smartfren
69.7
Telkomsel
82.4
3
78.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Pekanbaru
dalam Mbps
Indosat
20.6
XL
10.9
Smartfren
5.4
Telkomsel
15.7
3
5.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Pekanbaru
dalam Mbps
Indosat
5.4
XL
8.3
Smartfren
1.1
Telkomsel
6.6
3
4.7
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Pekanbaru
dalam %
Indosat
92.0
XL
91.9
Smartfren
98.2
Telkomsel
93.2
3
93.0
Unduh Gambar

Samarinda

Pengalaman Video
di Samarinda
dalam 0-100 poin
Indosat
57.0
XL
59.0
Smartfren
44.9
Telkomsel
69.9
3
64.5
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Samarinda
dalam 0-100 poin
Indosat
61.4
XL
59.1
Smartfren
60.8
Telkomsel
75.9
3
70.9
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Samarinda
dalam 0-100 poin
Indosat
74.5
XL
72.0
Smartfren
77.6
Telkomsel
83.1
3
79.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Samarinda
dalam Mbps
Indosat
9.1
XL
11.7
Smartfren
6.9
Telkomsel
16.2
3
11.0
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Samarinda
dalam Mbps
Indosat
6.1
XL
6.4
Smartfren
2.0
Telkomsel
7.8
3
5.6
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Samarinda
dalam %
Indosat
90.8
XL
89.5
Smartfren
97.6
Telkomsel
90.8
3
92.6
Unduh Gambar

Semarang

Pengalaman Video
di Semarang
dalam 0-100 poin
Indosat
63.9
XL
58.7
Smartfren
37.0
Telkomsel
66.1
3
55.0
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Semarang
dalam 0-100 poin
Indosat
60.1
XL
62.4
Smartfren
38.6
Telkomsel
68.2
3
72.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Semarang
dalam 0-100 poin
Indosat
76.1
XL
75.8
Smartfren
69.7
Telkomsel
79.4
3
77.7
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Semarang
dalam Mbps
Indosat
13.4
XL
10.6
Smartfren
4.4
Telkomsel
14.1
3
8.8
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Semarang
dalam Mbps
Indosat
7.0
XL
4.6
Smartfren
1.2
Telkomsel
5.0
3
3.9
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Semarang
dalam %
Indosat
91.5
XL
90.7
Smartfren
97.9
Telkomsel
92.4
3
94.2
Unduh Gambar

Surabaya

Pengalaman Video
di Surabaya
dalam 0-100 poin
Indosat
63.2
XL
65.4
Smartfren
43.1
Telkomsel
67.4
3
44.7
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Surabaya
dalam 0-100 poin
Indosat
64.6
XL
57.7
Smartfren
39.1
Telkomsel
68.3
3
63.2
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Surabaya
dalam 0-100 poin
Indosat
76.9
XL
73.9
Smartfren
71.0
Telkomsel
79.6
3
75.7
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Surabaya
dalam Mbps
Indosat
11.5
XL
14.9
Smartfren
6.8
Telkomsel
15.5
3
4.5
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Surabaya
dalam Mbps
Indosat
6.6
XL
6.0
Smartfren
1.3
Telkomsel
5.5
3
3.8
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Surabaya
dalam %
Indosat
91.8
XL
92.5
Smartfren
97.9
Telkomsel
92.1
3
91.8
Unduh Gambar

Surakarta

Pengalaman Video
di Surakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
57.7
XL
57.9
Smartfren
36.6
Telkomsel
68.1
3
54.8
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Surakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
48.1
XL
62.9
Smartfren
38.5
Telkomsel
71.4
3
67.0
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Surakarta
dalam 0-100 poin
Indosat
74.1
XL
76.1
Smartfren
69.4
Telkomsel
80.7
3
76.6
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Surakarta
dalam Mbps
Indosat
10.3
XL
10.4
Smartfren
4.8
Telkomsel
14.7
3
7.9
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Surakarta
dalam Mbps
Indosat
5.9
XL
4.0
Smartfren
1.1
Telkomsel
6.3
3
5.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Surakarta
dalam %
Indosat
94.8
XL
90.0
Smartfren
96.7
Telkomsel
92.5
3
94.0
Unduh Gambar

Tangerang Selatan

Pengalaman Video
di Tangerang Selatan
dalam 0-100 poin
Indosat
55.4
XL
60.5
Smartfren
38.0
Telkomsel
67.8
3
51.6
Unduh Gambar
Pengalaman Game Seluler
di Tangerang Selatan
dalam 0-100 poin
Indosat
59.8
XL
68.1
Smartfren
46.9
Telkomsel
79.4
3
73.5
Unduh Gambar
Pengalaman Aplikasi Suara
di Tangerang Selatan
dalam 0-100 poin
Indosat
75.1
XL
76.2
Smartfren
70.1
Telkomsel
81.9
3
77.4
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunduhan
di Tangerang Selatan
dalam Mbps
Indosat
8.5
XL
10.3
Smartfren
5.0
Telkomsel
13.7
3
7.3
Unduh Gambar
Pengalaman Kecepatan Pengunggahan
di Tangerang Selatan
dalam Mbps
Indosat
5.3
XL
5.1
Smartfren
1.2
Telkomsel
5.6
3
5.2
Unduh Gambar
Ketersediaan 4G
di Tangerang Selatan
dalam %
Indosat
95.6
XL
93.8
Smartfren
98.1
Telkomsel
92.8
3
95.1
Unduh Gambar
Pelajari lebih lanjut

Opensignal mengukur pengalaman dunia nyata dari para konsumen jaringan seluler di tempat-tempat mereka tinggal, bekerja, dan bepergian.

Kami menyesuaikan metodologi kami secara terus menerus untuk dapat menunjukkan pengalaman yang sebenarnya dari pengguna ponsel pintar. Oleh karena itu, perbandingan hasil dengan laporan sebelumnya hendaknya dianggap sebagai indikatif saja.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik. Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Lebih jauh tentang Metodologi

Subscribe to our newsletter and get our latest reports and analyses delivered right to your inbox every 2 weeks. We will not share your email address with third parties.

Journalists, please retain the Opensignal logo and copyright
(© Opensignal Limited) information when using this image.

This image may not be used for any commercial purpose, including use in advertisements or other promotional content, without prior written consent.

Untuk setiap metrik, kami menghitung interval kepercayaan statistik yang ditunjukkan pada grafik kami. Ketika interval kepercayaan tumpang tindih, hasil pengukuran kami terlalu setara untuk menentukan pemenang. Dalam kasus seperti ini, kami menampilkan gambar statistik. Oleh karena itu, sejumlah metrik memiliki beberapa operator pemenang.

Dalam grafik batang, kami menunjukkan interval kepercayaan sebagai batas di setiap sisi batang grafik.

Dalam bagan metrik pendukung, kami menampilkan interval kepercayaan sebagai nilai numerik +/-.

Mengapa interval kepercayaan sangat penting dalam menganalisis pengalaman di jaringan seluler