Memahami pengalaman jaringan seluler: Apa arti metrik opensignal?

Dalam postingan blog ini, kami menyelami inti terdalam dari Opensignal: menjelaskan metrik yang kami gunakan, apa artinya semua itu, dan apa perannya dalam mengukur pengalaman jaringan seluler di dunia nyata seperti yang dilihat pengguna.


Bagaimana cara kami mengumpulkan data?


Kami mengumpulkan miliaran pengukuran individual setiap hari dari lebih 100 juta perangkat di seluruh dunia. Kami mengumpulkan data setiap hari selama sepekan, di semua jam dan di semua tempat orang tinggal, bekerja dan bepergian: tidak ada simulasi, tidak ada prediksi, tidak ada kondisi pengujian yang ideal. Data kami berasal dari pengguna smartphone aktual dan kami melaporkan pengalaman jaringan aktual yang dialami oleh pengguna, apakah mereka berada di dalam atau di luar rumah, sedang sibuk di kota yang padat atau sedang berjalan-jalan di pedesaan.
Kami mengumpulkan sebagian besar data kami melalui pengujian otomatis yang berjalan di latar belakang, yang memungkinkan kami melaporkan pengalaman seluler pengguna dunia nyata pada skala dan frekuensi terbesar di industri ini. Pengujian otomatis ini dijalankan pada waktu titik acak dan karenanya mewakili pengalaman khas yang tersedia bagi pengguna pada saat tertentu.


Pengalaman Video – Mengukur streaming video seluler dunia nyata


Metrik Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas streaming video ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video dunia nyata melalui jaringan 3G dan 4G. Metrik ini didasarkan pada pendekatan International Telecommunication Union (ITU), yang dibangun berdasarkan studi terperinci yang telah menghasilkan hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video, dan tingkat kios, dengan pengalaman video yang dirasakan seperti yang dilaporkan oleh orang nyata. Untuk menghitung pengalaman video, kami secara langsung mengukur streaming video dari perangkat pengguna akhir dan menggunakan pendekatan ITU ini untuk mengukur pengalaman video keseluruhan untuk setiap operator dalam skala dari 0 hingga 100. Video yang diuji mencakup perpaduan resolusi dan dialirkan langsung dari penyedia konten video terbesar di dunia.
Skala berikut dapat digunakan untuk menghubungkan skor Pengalaman Video dengan pengalaman aktual yang diterima oleh pengguna:
·       75 atau lebih - Luar Biasa: Pengalaman yang sangat konsisten di semua pengguna, penyedia layanan streaming video dan resolusi diuji, dengan waktu pemuatan cepat dan hampir tidak ada kemacetan.
·       65 <75 - Sangat Baik:  Secara umum, pemuatan yang cepat dan hanya sesekali berhenti tetapi pengalaman mungkin agak tidak konsisten di antara pengguna dan / atau penyedia / resolusi video.
·       55 < 65 - Baik:  Pengalaman yang kurang konsisten, bahkan dari penyedia streaming video yang sama dan khususnya untuk resolusi yang lebih tinggi, dengan waktu pemuatan yang terasa lebih lambat dan tidak jarang terjadi kemacetan juga.
·       40 < 55 - Cukup:  Bukan pengalaman yang baik untuk video beresolusi tinggi (waktu pemuatan sangat lambat dan macet lama) atau untuk beberapa penyedia streaming video. Pengalaman pada video beresolusi rendah dari beberapa penyedia mungkin cukup memadai.
·       Di bawah 40 - Buruk:  Bukan pengalaman yang baik, bahkan untuk video beresolusi rendah di semua penyedia layanan. Waktu pemuatan sangat lambat dan sering macet.
Dengan video yang menjadi kategori lalu lintas tunggal terbesar yang dilakukan di jaringan seluler dan konsumsi diperkirakan akan tumbuh untuk mengimbangi permintaan konsumen, ini adalah metrik yang sangat relevan. Ini adalah elemen kunci lain dalam misi Opensignal yang sedang berjalan untuk mengukur pengalaman konsumen aktual di jaringan seluler.
Selain Pengalaman Video, kami melaporkan dua metrik pendukung yang terkait dengan video:
·       Pengalaman Video 4G: Skor Pengalaman Video rata-rata di seluruh koneksi 4G/LTE operator.
·       Pengalaman Video 3G: Skor Pengalaman Video rata-rata di seluruh koneksi 3G operator (mis. UMTS/HSPA atau CDMA 1X EV-DO)

 
Pengalaman Game


Metrik Pengalaman Game Opensignal adalah ukuran bagaimana pengalaman pengguna seluler saat bermain game seluler multiplayer real-time di jaringan operator. Diukur pada skala 0-100, metrik ini menganalisis bagaimana Pengalaman Game seluler multiplayer dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler, termasuk latensi, packet loss, dan jitter untuk menentukan dampak terhadap permainan game dan Pengalaman Game multiplayer secara keseluruhan.
Metrik Pengalaman Game ini mengukur pengalaman saat memainkan game seluler multipemain waktu-nyata pada perangkat seluler yang terhubung dengan server yang berlokasi di seluruh dunia. Pendekatan ini dibangun berdasarkan penelitian bertahun-tahun yang mengukur hubungan antara parameter jaringan teknis dan pengalaman bermain game seperti yang dilaporkan oleh pengguna ponsel nyata. Parameter ini meliputi latensi (waktu perjalanan datang-pergi), jitter (variabilitas latensi) dan paket loss (proporsi paket data yang tidak pernah mencapai tujuan). Selain itu, pendekatan ini mempertimbangkan beberapa genre game seluler multiplayer untuk mengukur sensitivitas rata-rata terhadap kondisi jaringan. Game yang diuji mencakup beberapa game seluler multiplayer realtime paling populer (seperti Fortnite, Pro Evolution Soccer, dan Arena of Valor) yang dimainkan di seluruh dunia.
Menghitung Pengalaman Game yang dimulai dengan mengukur pengalaman end-to-end dari perangkat pengguna ke titik akhir internet yang menghosting game nyata. Skor tersebut kemudian diukur pada skala 0 hingga 100.
Pengalaman Games seluler Opensignal memiliki kategori berikut:
·       85 atau lebih tinggi - Luar Biasa      Sebagian besar pengguna menganggap pengalaman jaringan ini dapat diterima. Hampir semua responden merasa mereka memiliki kendali atas game yang mereka mainkan dan segera menerima umpan balik atas tindakan mereka. Tidak ada penundaan nyata di hampir semua kasus.
·       75 < 85 - Baik    Sebagian besar pengguna menganggap pengalaman itu bisa diterima. Pengalaman bermain game umumnya dapat dikontrol dan pengguna menerima umpan balik langsung antara tindakan mereka dan hasil dalam game tersebut. Sebagian besar pengguna tidak mengalami penundaan antara tindakan dan game mereka.
·       65<75 - Sedang    Pengguna menemukan pengalaman ‘rata-rata’. Pada sebagian besar kasus, game responsif terhadap tindakan pemain dengan sebagian besar pengguna melaporkan bahwa mereka merasa memiliki kendali atas game yang dimainkan. Sebagian besar pemain melaporkan bahwa mereka melihat penundaan antara tindakan mereka dan hasil dalam game.
·       40 < 65 - Buruk    Sebagian besar pengguna merasa tingkat pengalaman ini tidak dapat diterima. Sebagian besar pengguna melaporkan melihat penundaan dalam pengalaman bermain game dan mereka tidak menerima umpan balik langsung atas tindakan mereka. Banyak pengguna merasakan kurangnya kendali dalam Pengalaman Game.
·       Di bawah 40 - Sangat Buruk    Hampir semua pengguna merasa tingkat pengalaman ini tidak dapat diterima. Hampir semua pengguna mengalami penundaan nyata dalam game, dengan sebagian besar dari mereka merasa tidak memiliki kendali atas permainan. Sebagian besar pemain tidak menerima umpan balik segera atas tindakan mereka.
 

Pengalaman Aplikasi Suara – Mengukur kualitas suara


Pengalaman Aplikasi Suara Opensignal mengukur kualitas pengalaman untuk layanan suara over-the-top (OTT) — aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, Facebook Messenger dll. — menggunakan model yang berasal dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU) untuk mengukur kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi. Model ini menunjukkan hubungan yang tepat antara pengukuran teknis dan kualitas panggilan yang dirasakan. Pengalaman Aplikasi Suara untuk setiap operator dihitung pada skala 0 hingga 100.
·       95 atau lebih tinggi: Luar biasa: Sebagian besar pengguna sangat puas. Operator memberikan pengalaman kualitas suara OTT yang baik secara konsisten di seluruh basis pelanggan.
·       87 < 95: Sangat Baik: Sebagian besar pengguna puas. Operator umumnya memberikan pengalaman kualitas suara OTT yang baik. Kadang-kadang, mungkin ada beberapa gangguan pada panggilan, terutama terkait tingkat kenyaringannya.
·       80 < 87 Baik: Banyak pengguna puas. Gangguan kualitas minor dialami oleh beberapa pengguna. Terkadang latar belakangnya tidak terlalu jelas, bisa jadi kabur atau tidak cukup keras. Suara terputus atau distorsi sangat jarang terjadi.
·       74 < 80: Dapat diterima: Pengguna puas. Penurunan kualitas panggilan yang jelas dialami oleh beberapa pengguna. Durasi singkat dari bunyi klik atau distorsi dapat didengar, dan/atau volumenya mungkin tidak cukup keras. Pendengar umumnya dapat memahami tanpa pengulangan.
·       66 < 74: Buruk: Banyak pengguna tidak puas. Penurunan kualitas panggilan dialami oleh banyak pengguna. Distorsi, suara terputus, atau hilang suara yang dialami selama panggilan, yang jelas dan dapat mengganggu.
·       60 < 66: Sangat Buruk: Sebagian besar pengguna tidak puas. Penurunan kualitas panggilan yang signifikan dialami oleh sebagian besar pengguna. Contoh distorsi, suara putus, atau hilang suara sesekali dialami selama panggilan. Mungkin sulit untuk memahami bagian dari percakapan tanpa pengulangan.
·       45 < 60: Tidak dapat dipahami: Hampir semua pengguna tidak puas. Contoh hilang suara dalam waktu lama sering terjadi, suara terputus, atau distorsi dapat didengar selama panggilan. Pengulangan sering diperlukan untuk bisa dipahami, atau sering terjadi tumpang tindih percakapan.
·       Di bawah 45 - Mustahil untuk berkomunikasi
Selain Pengalaman Aplikasi Suara, kami melaporkan dua metrik pendukung yang terkait dengan aplikasi suara:
·       Pengalaman Aplikasi Suara 4G: Metrik ini mengukur kualitas pengalaman melalui layanan suara seluler untuk setiap operator pada koneksi LTE, sebagaimana yang dialami oleh pengguna Opensignal.
·       Pengalaman Aplikasi Suara 3G: Metrik ini mengukur kualitas pengalaman melalui layanan suara seluler untuk setiap operator pada koneksi 3G, sebagaimana yang dialami oleh pengguna Opensignal.


Pengalaman Kecepatan Unduh – Kecepatan nyata yang didapat oleh pengguna

Diukur dalam satuan Mbps, Pengalaman Kecepatan Unduh mewakili kecepatan biasa sehari-hari yang dialami pengguna di seluruh jaringan data seluler operator. Selain Pengalaman Kecepatan Unduh, kami melaporkan tiga metrik pendukung yang terkait dengan kecepatan unduhan:
·       Kecepatan Unduh 4G: Kecepatan downlink rata-rata di seluruh koneksi 4G/LTE operator.
·       Kecepatan Unduh 3G: Kecepatan downlink rata-rata di seluruh koneksi 3G operator (mis. UMTS/HSPA atau CDMA 1X EV-DO)
·       Kecepatan Unduhan Puncak: Pengukuran kecepatan unduh tercepat pengalaman pengguna Opensignal di jaringan dunia nyata. Dengan hanya melihat uji tercepat, kami meminimalkan dampak keterbatasan teknis atau kemacetan, dan memberikan perkiraan kecepatan optimal yang dialami oleh pengguna dengan pengalaman Opensignal dalam kondisi dunia nyata. Catatan, ini berbeda dengan kecepatan kasus terbaik yang diukur dalam kondisi ideal atau kecepatan maksimum teoritis yang pengguna sendiri tidak akan pernah terima dalam situasi dunia nyata. Guna menilai Kecepatan Puncak, kami menggunakan kecepatan yang dialami oleh persentil pengguna ke-98.

 

Pengalaman Kecepatan Unggah


Metrik Pengalaman Kecepatan Unggah kami mengukur kecepatan unggah rata-rata untuk setiap operator di seluruh jaringan data selulernya. Biasanya kecepatan unggah lebih lambat daripada kecepatan unduh, karena teknologi broadband seluler saat ini memfokuskan sumber daya untuk menyediakan kecepatan unduh terbaik bagi pengguna yang mengonsumsi konten di perangkat mereka. Seiring tren internet seluler bergerak dari mengunduh konten ke membuat konten dan mendukung layanan komunikasi real-time, kecepatan unggah menjadi semakin vital dan teknologi baru muncul yang mendorong kapasitas hulu.
Selain Pengalaman Kecepatan Unggah, kami melaporkan tiga metrik pendukung yang terkait dengan kecepatan unggah:
·       Kecepatan Unggah 4G: Kecepatan uplink rata-rata di seluruh koneksi 4G/LTE operator.
·       Kecepatan Unggah 3G: Kecepatan uplink rata-rata di seluruh koneksi 3G operator (mis. UMTS/HSPA atau CDMA 1X EV-DO)
·       Kecepatan Unggah Puncak: Pengukuran kecepatan unggah tercepat pengalaman pengguna Opensignal di jaringan dunia nyata. Dengan hanya melihat uji tercepat, kami meminimalkan dampak keterbatasan teknis atau kemacetan, dan memberikan perkiraan kecepatan optimal yang dialami oleh pengguna dengan pengalaman Opensignal dalam kondisi dunia nyata. Catatan, ini berbeda dengan kecepatan kasus terbaik yang diukur dalam kondisi ideal atau kecepatan maksimum teoritis yang pengguna sendiri tidak akan pernah terima dalam situasi dunia nyata. Guna menilai Kecepatan Puncak, kami menggunakan kecepatan yang dialami oleh persentil pengguna ke-98.
 

Pengalaman Latensi – Menghitung kelambatan


Latensi adalah perlambatan yang dialami pengguna karena data melakukan perjalanan bolak-balik melalui jaringan. Jika latensi jaringan Anda tinggi, jaringan akan terasa kurang responsif dan lebih lambat bereaksi terhadap permintaan Anda. Kami mengukur Pengalaman Latensi dalam milidetik, dan ini menunjukkan perlambatan khas pengalaman pengguna saat terhubung ke seluruh jaringan 3G dan 4G operator. Ini dihitung sebagai rata-rata tertimbang dari setiap latensi 3G dan 4G berdasarkan proporsi waktu yang biasanya dihabiskan pengguna yang terhubung.
Semua tes kecepatan unduh, unggah, dan latensi kami dijalankan pada jaringan pengiriman konten atau content delivery networks (CDN) yang menampung tujuan internet paling populer (bukan pada server pengujian khusus di mana permintaan mungkin mengikuti rute berbeda ke lalu lintas normal atau diprioritaskan dengan cara yang tidak representatif), yang membantu kami untuk memahami pengalaman pengguna yang khas secara akurat.
Selain Pengalaman Latensi, kami melaporkan dua metrik pendukung yang terkait dengan latensi:
·       Latensi 4G: Pengalaman pengguna latensi rata-rata di seluruh koneksi 4G/LTE operator
·       Latensi 3G: Pengalaman pengguna latensi rata-rata di seluruh koneksi 3G operator (mis. UMTS/HSPA atau CDMA 1X EV-DO

Pembaruan: Sejak Mei 2020, kami sudah tidak menghadirkan Pengalaman Latensi, Latensi 4G, dan Latensi 3G pada laporan publik kami.
 

Ketersediaan Koneksi 4G – Pendekatan yang berfokus pada pengguna


Metrik Ketersediaan koneksi 4G kami menunjukkan proporsi waktu pengguna dengan perangkat 4G dan berlangganan memiliki koneksi LTE. Ketika kami melaporkan ketersediaan koneksi 4G rata-rata 75%, itu berarti rata-rata pengguna LTE kami terhubung ke layanan LTE di jaringan mereka 75% dari keseluruhan waktu.
Ketersediaan koneksi bukanlah ukuran jangkauan atau luasan geografis suatu jaringan.  Juga tidak akan memberi tahu Anda apakah Anda kemungkinan akan mendapatkan jangkauan jika Anda berencana mengunjungi wilayah yang sangat jauh yang berada di luar jalur. Namun, Ketersediaan koneksi ini mengukur proporsi waktu orang yang memiliki koneksi jaringan, di tempat yang paling sering mereka kunjungi, sesuatu yang sering terlewatkan oleh metrik jangkauan tradisional. Dengan melihat kapan pengguna memiliki koneksi LTE, dan bukannya di mana, memberi kami refleksi yang lebih tepat dari pengalaman pengguna yang sebenarnya.
Kami juga melacak contoh yang paling membuat pengguna seluler frustrasi: ketika sama sekali tidak ada sinyal. Zona mati paling umum terjadi di dalam ruangan. Karena sebagian besar data ketersediaan koneksi kami dikumpulkan di dalam ruangan (tidak mengherankan, karena di situlah pengguna menghabiskan sebagian besar waktu mereka), kami sangat detail dalam mendeteksi area tanpa jangkauan.

Pengalaman Jangkauan 4G

Metrik Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal adalah ukuran bagaimana pengalaman pelanggan seluler merasakan jangkauan 4G di jaringan operator. Diukur pada skala 0-10, metrik ini menganalisis lokasi di mana pelanggan operator jaringan menerima sinyal 4G dibandingkan lokasi yang dikunjungi oleh pengguna semua operator jaringan.
 
Sederhananya, Pengalaman Jangkauan  4G mengukur pengalaman jangkauan seluler di semua lokasi yang paling berarti bagi pengguna sehari-hari, yaitu semua tempat di mana mereka tinggal, bekerja, dan bepergian. Metrik ini mempertimbangkan semua area yang dikunjungi pengguna Opensignal, bagian dari lokasi dengan 4G tersedia bagi mereka, dan lokasi yang dikunjungi lebih banyak oleh pengguna memiliki substansi lebih tinggi bagi mereka.
 
Merasa seperti memeriksa nomor untuk diri sendiri? Unduh Aplikasi Opensignal atau Meteor kami. Keduanya tersedia di Android dan iOS!

 

 

©2020 Opensignal, Limited - Hak cipta dilindungi undang-undang.

Opensignal Limited memiliki semua wawasan ini, termasuk semua hak kekayaan intelektual, data, konten, grafik, dan analisis. Laporan dan wawasan yang dihasilkan oleh Opensignal Limited tidak boleh dikutip, direproduksi, didistribusikan, diterbitkan untuk tujuan komersial apa pun (termasuk penggunaan dalam iklan atau konten promosi lainnya) tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami. Jurnalis diperbolehkan untuk mengutip informasi yang disertakan dalam laporan dan wawasan Opensignal asalkan menyertakan atribusi sumber yang jelas. Untuk informasi selengkapnya, hubungi [email protected].